Bagi Bapak/Ibu operator SIMAK BMN yang ingin berkonsultasi seputar
permasalahan pada penggunaan aplikasi SIMAK BMN, mohon menuliskan
permasalahan tersebut di sini. Terima kasih.
Diasuh oleh :
Eko Budi Syaifudin, S.E., M.M.
Pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Semarang
Pengajar Materi SIMAK BMN pada Program Percepatan Akuntabilitas Keuangan Pemerintah (PPAKP)
Salam SIMAKers...saya baru menjadi operator... pada tahun 2013 lalu.. ada pengadaan berupa pembangunan Gedung Baru laboratorium, perpustakaan dan gedung arsib.. kemudian ada rehab beberapa gedung..saya mengentrinya melalui pembelian, pada saat irjen memeriksa.. beliau mengatakan semua pengadaan dan rehab gedung harus dientri melalui mekanisme KDP (konstruksi dalam Pengerjaan) sementara laporan sudah dikirimkan ke pusat.. Pertanyaan saya .. mekanisme apa yang harus saya lakukan untuk merubah data entri dari pembelian ke KDP ? apaah setiap konstruksi wajib dientri dengan KDP ? terima kasih atas jawabannya
tidak semua pengadaan harus melalui KDP. KDP digunakan bila pembayarannya menggunakan mekanisme termin (tidak langsung lunas sekaligus). KDP pun tidak hanya terbatas pada bangunan bisa juga berlaku untuk peralatan mesin, sepanjang pembayarannya menggunakan termin.
salam kenal..saya ingin bertanya..satker kami telah melaksanakan proses penghapusan dan telah dibuat laporan penghapusannya, setelah dilihat kembali ternyata terdapat selisih antara aplikasi simak dengan laporan penghapusan..kesalahan tersebut terjadi disebabkan kesalahan penulisan NUP pada saat proses input pada aplikasi simak di menu penghapusan..kesalahan juga terjadi saat penulisan harga perolehan saat proses pengajuan penghapusan..apa tindakan yang harus dilakukan untuk memperbaiki kesalahan tersebut ? terima kasih..
kalau kesalahan input nup saat penghapusan itu tinggal di batalkan saja, lalu input kembali nup yang benar. sedangkan kesalahan input harga perolehan, ini yang sulit, menurut saya hal ini baru dapat diperbaiki jika menjadi temuan BPK atau unit inspektorat di K/L Saudara.
salam kenal semuanya..satker kami rencananya akan mengajukan usulan penghapusan diantara barang tersebut ada motor, untuk menentukan harga limit penjualannya gimana ? trim
Dapat ditentukan oleh Kuasa Pengguna Sendiri berdasarkan hasil penilaian oleh Tim Penghapusan Satker. Namun dapat juga mengajukan usul penilaian terhadap BMN yang akan dihapus tersebut ke KPKNL setempat.
salam kenal. saya rinto petugas bmn Madrasah di papua. telah telag menginput sumur gali sebgi aset yang perolehannya dengan 53. setelah saya input ternyata diketahui sebagai kelompok jaringan dan dianggap tidak benar. pertanyaannya; 1. yang seharusnya saya lakukan apa? 2. teknik pembenarannya pencatatan seperti apa? terimaskasih
Memang seharusnya sumur tersebut menggunakan kode penggolongan jalan, irigasi dan jaringan yang diawali dengan kode barang 5, bukan 3 yang merupakan golongan peralatan. Untuk itu lakukan perekaman : 1. Reklasifikasi Keluar –> untuk mengeluarkan BMN yang salah rekam tersebut 2. Reklasifikasi Masuk —> untuk merekam nama BMN yang benar
Kodefikasi BMN sumur yang merupakan golongan 5 ini ada bermacam2, silahkan dipilih yang paling tepat menurut kondisi yang ada.
Nanya mas.. 1. Untuk pembelian brang dengan akun sp2d 523121 berupa Ac dan kipas angin itu input ke simaknya gmna y? 2. Cara input barang semster 1 thun 2013 ke simak gmna cranya y, kan belum pake adk2an? Mksi
1. Pembelian tersebut salah penggunaan akun 52nya, harusnya menggunakan 53, coba konsultasikan dengan KPPN cara merevisi akun tersebut. 2. Apakah yang dimaksud perolehannya tahun 2013 tapi belum direkam di SIMAK? Jika hal ini yang dimaksud maka karena saat ini sudah tahun 2014, maka diinput melalui menu : Transaksi BMN – Saldo Awal BMN
mao tanya mas, untuk koreksi perubahan kondisi BMN tidak bisa di input tanpa no. dasar koreksi, nah itu no dasar koreksi itu apa ya mas? apa harus dibuat surat pernyataan? bisa minta contoh untuk no dsar koreksi
Agar dibuat Surat Keterangan yang ditandatangani Kuasa Pengguna Barang, yang berisi penjelasan mengenai rincian BMN yang akan dilakukan perubahan kondisinya, misal dari baik ke rusak ringan/berat.
Mas, mohon share kan format Surat Keterangannya ke email berikut : fransiskanababan01@gmail.com Karna kendaraan pada satker kami banyak yang harus diubah kondisinya
slamat pagi mas... mohon di email juga ke saya yaa mas dengan format surat keterangan perubahan kondisi BMN sebagai dasar untuk di input di SIMAK BMN.. jaldiherianto@gmail.com
boleh saya minta contoh surat keterangan perubahan kondisi BMN nya pak/bu... Email nya fahmiriza1995@gmail.com mau merubah kondisi BMN sesuai hasil revaluasi
mohon bantuannya kak. saya juga perlu bentuk formatnya karena masih kendala pada perubahan kondisi barang. email : meilinamaspekeh@gmail.com terima kasih.
Mat malam pak sy mau tanya masalah penerimaan barang hibah.utk proses penginputan ke simakbmn apakah nunggu registrasi dr DJPU baru di input atau langsung di input sambil nunggu proses registrasi djpu. Mohon penjelasannya pak skian trim
pagi mas, mau nanya di aplikasi BMN satker kami salah satu barang dalam kondisi rusak berat berupa tanah, sy mau merubah di menu perubahan kondisi BMN tapi disitu masih dalam kondisi baik, solusi-nya supaya tanah tidak muncul lgi dalam laporan barang dengan kondisi rusak berat bagaimana mas? terima kasih
Selamat malam Pa. Mohon arahan dan bimbingan, Saya petugas baru dan langsung ada pemeriksaan. Mohon bantuan untuk memberi tanggapan dari temuan tersebut, agar kata2 nya tidak salah. Temuan saya seperti ini Pa... 1. ATR yang belum diserah terimakan. 2. ATB yang belum dikapitalisasi terhadap aset fisik yang sudah selesai dikerjakan.
Di tempat kami bekerja dibuat satker baru dalam kaitannya dengan pengelolaan keuangan dan BMN. Ada 4 satker baru dengan masing2 DIPA baru. Jadi total 5 satker. Sedangkan operator BMN hanya saya sendiri harus mengelola 5 satker karena ketiadaan pegawai yang sanggup karena sedikitnya pegawai kantor. Yang ingin saya tanyakan bagaimana nantinya saat rekonsiliasi,apakah saya harus bawa 5 laptop dengan masing2 laptop ada 5 aplikasi simak,atau cukup 1 laptop untuk 5 satker dengan 1 aplikasi (bagaimana cara instalnya).
Di tempat kami bekerja dibuat satker baru dalam kaitannya dengan pengelolaan keuangan dan BMN. Ada 4 satker baru dengan masing2 DIPA baru. Jadi total 5 satker. Sedangkan operator BMN hanya saya sendiri harus mengelola 5 satker karena ketiadaan pegawai yang sanggup karena sedikitnya pegawai kantor. Yang ingin saya tanyakan bagaimana nantinya saat rekonsiliasi,apakah saya harus bawa 5 laptop dengan masing2 laptop ada 5 aplikasi simak,atau cukup 1 laptop untuk 5 satker dengan 1 aplikasi (bagaimana cara instalnya).
Assalam.., Satker kami memiliki belanja mobilier kursi siswa dan lemari. kemudian di bulan berikutnya ada lagi SP2D Honor panitia Barjas. Bagaiman cara penginputan di SIMAK, utamanya honor tadi? apa anggaranya aku gabungkan aja dengan barang?
Asalamualaikum.... Pak pada bulan ini satker kami melakukan pengadaan website, kendala sy saat mau menginput ke Simak_BMN tidak dapat menemukan kode aset website, mohon bantuannya website ini kira2 diberi status apa ya pak?terima kasih
Salam...says operator Simak, kendala says ketika sy ingin membuka aplikasi tidal DPT terkoneksi dg database Dan muncul pesan spt connectivity error:(MySQL)(ODBC 3.51 Driver)Unknown MySQL server host '"LOCALHOST"' (0), ....mohon solusinya Dan trims bantuannya
Assalamu'alaikum Saya MAKSUSI, operator SIMAK BMN pada Satker MTsN 2 Banjarnegara, mohon pencerahan terkait kekeliruan input data pembangunan pagar permanen yang seharusnya masuk pada KIB Bangunan tapi masuk pada DIL pada tahun perolehan 2009, bagaimana cara merubahnya, Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih Wassalamu'alaikum
Assalamu'alaikum... saya mau tanya mas,,, di satker saya ada pembangunan paga pada sebuah KUA menggunakan KDP,, apakah pagar tsb bukan merupakan satu kesatuan dengan bangunan KUA nya ?.... walaupun pembangunannya beda kontrak mas....
Asslamu Alaikum, Selamat Sore Pak Salam Kenal, Sya Iqbal dari Makassar, Mau nanya soal menetukan harga Tafsiran BMN seperti menara Tower (pemancar Radio) itu bagaimana? apa ada ketentuan untuk menentukan harga taksiranx?, dan akun untuk mencatat disimak itu masuk jenis gedung dan bangunan atau masuk perlatan mesin? mohon pencerahaanya..
assalamualaikum, salam kenal pak. saya mau tanya bila kita dapat adk transfer masuk untuk periode sm 1 tp adk sampai di sm 2 bagaimana yah pak? akankah itu mengganggu laporan sm 1 sy bl saya input pak
assalamualaikum, salam kenal pak. saya mau tanya bila kita dapat adk transfer masuk untuk periode sm 1 tp adk sampai di sm 2 bagaimana yah pak? akankah itu mengganggu laporan sm 1 sy bl saya input pak
salam kenal mas. saya mau tanya. di dipa satker kami ada belanja modal tanah dengan akun 531111 tetapi fisiknya itu berupa pagar, terus saya masukan ke bmn nya berupa tanah apakah itu nantinya bermasalah? kemudian saya input dengan KDP di neraca bmn nilainya udah masuk ke tanah tetapi setelah saya kirim ke SAIBA itu ko di neracanya masih KDP ya belum masuk ke tanah nilainya. mungkin bisa bantu... terima kasih..
Salam. Saya ingin menginput transaksi transfer keluar KDP, namun muncul informasi bahwa transaksi tidak bisa disimpan karena periode tanggal buku ini sudah dilakukan penyusutan.... Padahal saya sudah melakukan batal susut untuk semester I dan II.. Adakah solusinya?
Assalamu'alaykum. Sy Op Simak BMN Kejaksaan Negeri Takengon. Mau tanya : 1. Untuk Hibah dr pemda berupa renovasi gedung rumah dinas tepatnya di entri pada menu apa ya? 2. Hibah berupa PEMASANGAN PAVING BLOK pada lahan parkir di Komplek Rumah Dinas, sudah saya cari di daftar barang tidak ada penamaan untuk pemasangan paving blok. Jk dimasukkan ke barang JALAN .... maka muncul KIB baru untuk tanah jalan. mohon bantuan dan saran. 3. Mengubah Kondisi Asset pd Aplikasi SIMAK BMN apakah ada syarat/ketentuannya?
SELAMAT MALAM SAYA OPERATOR SIMAK BMN BATALYON KAVALERI-10/SERBU MAKASSAR MAU MENANYAKAN: 1.BAGAIMANA MERUBAH HARGA DIKARENKAN SALAH DALAM PENGINPUTAN 2.JELASKAN PROSES KAPITALISASI YANG BENAR TERIMA KASIH
Pak mau tanya pada tahun 2013, 2014 dan 2015 satker kami ada pembelian tanah urugan (53)ada 4, dan di input di pembelian BMN sehingga di laporan kuasa pengguna muncul jml 4 unit (menambah kumulatif nilai tanah). mengingat tanah tersebut berupa tanah urugan untuk pematang/jln di tambak. Padahal tanah urugan tersebut tidak muncul sertifikat.SERTIFIKAT YG BERUPA 2 PETAKAN TAMBAK BESAR PD TAHUN 2013 - 2015 DI PECAH MENJADI PETAKAN KECIL DAN DI TAMBAHI JALAN/PEMATANG DENGAN PENGADAAN TANAH URUGAN.Jadi bagaimana cara satker kami memperbaiki data tersebut ?.
Assalamu'alaikum,, Pagi mas, mau tnya, ini mau input barang ke Hibah, terus serah terima barangnya tahun 2015, sedangkan Berita Serah Terima Barangnya tahun 2016, gmn ya kalo begitu?, mohon pencerahannya ya mas
assalamu'alaikum..pagi pak..maaf mau tanya.. 1. Saya mau restore aplikasi simak bmn tapi eror muncul tulisan error 'TDHDKTP' is not found, itu kenapa ya pa..? 2. Saya sudah melakukan pengiriman data dari persediaan ke simak lalu ke saiba.namun nilai persediaan di saiba tidak sama dengan simak dan persediaan..itu kenapa ya pa..?saya lihat rincian jurnal pengiriman dari persediaan ke simak sama dari simak ke saiba juga tidak sama..
Selamat Pagi, saya mau bertanya bagaimana Merubah Nama Uraian BMN dari Asrama/Mess Menjadi Rumah Negara Golongan II Pada Aplikasi SIMAK BMN sesuai dengan PMK. Terima Kasih
Ass.. Mas giman caranya mengubah status gedung bangunan dari semi permanen menjadi permanen..sepertinya terjadi kesalahan input operator yg dulu..sekarang kami mau mengganti dan mengoreksinya..
Assalamualaikum wr.wb Mas aplikasi simak saya kalau mau print KIB Gedung bangunan tidak mau muncul hasil nya.. Mohon percerahanya mas.. trim's byk sebelumnya
Asslammu"alaikum wr.wb....selamat siang mas, saya mau tanya kalau ada kesalahan memasukkan nama barang dan terjadi tahuna yang lalu (2015)dan sudah dilaporkan , apa bisa dirubah, atau tolong bagaimana solusinya, terima kasih banyak
Assalamualaikum mas eko, kalau ada honor panitia pengadaan barang mesin yang diinput di menu pembelian tahun 2015 dan akan dikoreksi pada tahun 2016, bagaimana solusinya mas? di iput melalui menu apa?
Mau tanya mas hasil tim audit BPk dan Pivot penyusutan peralatan dan mesin 131,199,664 sedangkan si simak 133,021,022 terus bagaimana cara merubah di simaknya.karena kalau rekon ke kanwil harus sama dengan hasil pivot.terimakasih sebelumnya
Salam... saya operator SIMAK-BMN yang baru di SK kan tapi saya msh bingung instal aplikasinya karena saat selesai semua diinstal... selalu error mohon bantuannya gimana cara instalnya yang benar dan di mana bisa dapat masternya dari launcher sampai update terakhir, udah download sana sini tapi selalu gagal
bapak yang terhormat, untuk menginput data aset berupa tanah dan bangunan data/dokumen apa saja yang harus disiapkan, bagaimana jika dokumen kepemilikannya tidak ada
1. di satker kami ada pembelian karpet menggunakan akun belanja barang (52). setelah diaudit, katax harus di rekam di aplikasi simak bmn krn memenuhi syarat kapitalisasi. pertanyaan kami : bagaimana cara merekamx di simak bmn..? tambahan informasi bahwa barang tersebut dibeli pada tahun sebelumx. 2. apakah bmn yang diusulkan dari KPB ke PB harus diPSPkan dulu, baru bisa diusulkan penghapusanx..? 3. Tks
Assalamu'alaikum... pak mohon bantuannya, di satker kami ada kesalahan input nama aset pada tahun yang lalu, namun aset tersebut terjadi penyusutan, bagaiman cara merubahnya ya pak. terims
Assalamualaikum, maaf Pak Mengganggu saya admin baru 2016 di BMN. mohon bantuannya, saya menginfut bangunan baru di Transaksi BMN melalui Perolehan BMN terus penyelesaian bangunan langsung setelah itu saya susutkan dan terus kirim ke UAKPA seteah di cek di SAIBA masih muncul belum diregister gedung bangunan,bagai mana cara membetulkan yang belum diregister ? terima kasih
ASSALAMUALAIKUM ... JIKA MEBELI BARANG DAN MENDAPATKAN BONUS ATAU FREE OF CHARGE ..BAGAIMANA CARA MEMASUKANNYA DAN BAGAIMANA PENILAIANNYA. TERIMA KASIH
assalamualaikumm,,,pak bagaimana cara menginput di BMN yang jenis SPM nya pembayaran: (1) Non Gaji Kontraktual, (2) pembayaran 100% pekerjaan rehabilitasi RKB, (3) pembayaran uang muka 30% pekerjaan rehab RKB dan (4) pembayaran 100% pekerjaan perencanaan tehnis rehab gedung RKB.
Assalamu Alaikum.. Salam Simakers...Sya input Transaksi pembelian BMN,,pada buku daftar SPM terkait BMN sudah tidak ada selisih tpi dikirim ke Saiba Muncul Peralatan dan Mesin "Belum Diregister", Padahal Sudah tidak ada selisih....Mohon Bantuannya Pak....
Kami ingin beli barang barang komputer dan sejenisnya lewat toko online. Tapi barang tersebut tidak bisa masuk ke simak bmn dengan Alasannya dokumen kurang. Toko Online tidak mau menerbitkan dokumen yang diperlukan. Sementara kalau dengan pihak ketiga, akan menambah biaya sampai 40 persen. Bagaimana solusinya?
MAU NANYA KAMI ADA PEMBAGUNAN RKB BARU YANG DILAKUKAN SECARA BERTERMIN DAN DI DALAMNYA JUGA ADA PENGADAN MOBILERNYA DAN JUGA BIAYA PERENCANAANYA , BAGAI MANA PROSES PENGIMPUTANNYA PADA SIMAK BMN , MOHON SOLUSI DONG
Selamat Siang, mau tanya. Ini sy dapat transferan barang dari satker pusat. Mereka menginput dengan menu transfer keluar dan sy pun menginput dengan menu transfer masuk. Permasalahan yang kemudian muncul yaitu pada daftar barang ruangan barang tersebut tidak tercatat dalam DBR. bagaimana menginput nya dalam DBR?
Admin,,, Saya mw bertanya nih,, Satker kami dapat pengadaan bangunan 180jt akun 533111, jadi oleh PPK di bagi 2, setengah untuk pengadaan bangunan, stengah lg pengadaan meubelair,, pada saat diinput di simak, masih oke, ketika dikirim ke saiba, nah dsini permasalahanya, ada peralatan dan mesin yg belum diregister sejumlah dana meubelair, dan gedung bangunan belum dregister sjumlah harga meubelair itu juga,
Jadi gimana mengatasi ini pak? Supaya neraca tdk ada kata2 belum diregister
Admin,,, Saya mw bertanya nih,, Satker kami dapat pengadaan bangunan 180jt akun 533111, jadi oleh PPK di bagi 2, setengah untuk pengadaan bangunan, stengah lg pengadaan meubelair,, pada saat diinput di simak, masih oke, ketika dikirim ke saiba, nah dsini permasalahanya, ada peralatan dan mesin yg belum diregister sejumlah dana meubelair, dan gedung bangunan belum dregister sjumlah harga meubelair itu juga,
Jadi gimana mengatasi ini pak? Supaya neraca tdk ada kata2 belum diregister
Selamat Sore Bpk, Sy Fitri dari Baturaja. Saya Operator Baru SIMAK di Instansi tepat saya bekerja, Instansi kami sedang persiapan terkait Revaluasi BMN, kmrn saya mencoba update KIB dan tidak sengaja terhapus mohon arahannya pak terkait yang harus saya lakukan karena telah saya cb buat KIB nya kembali tetapi harga perolehannya tidak sama.
assalamualaikum wr.wb,,saya mau tanya sebagai petugas BMN untuk melakukan tugas yg salah satunya input ke SIMAK apa harus punya sprint dari kepala satker atau cukup dengan SK??
Mohon arahan dan solusi nya apabila nilai penyusutan aset tetap yg tdk digunakan dlm operasi pemerintahan lebih besar dari aset tetap yg tdk digunakan dlm operasi pemerintahan...makasih
Mohon bantuannya agan... Disatker saya ada pencatatan salah satu gedung dan bangunan pada SIMAK BMN tpi setelah sy cek Daftar KIB pada simak ternyata tidak ada. Padahal pada aplikasi siman ada.
1. tahun 2017 ada pembelian 30 buah headset. tetapi waktu penginputan salah. menjadi 1 buah headset. bagaimana cara memperbaikinya, dikarenakan sudah pindah tahun periode 2018 ?
2. Kegunaan reklas keluar dan koreksi pencatatan apa saja. dan contohnya bagaimana ?
assalamu alaikum,ijin mas.mau tanya,ada gak contoh surat keterangan yang dibuat dari pimpinan Satker untuk penghapusan barang.krn barang tersebut mau dikeluarkan dari daftar barang ruangan?hanya minta surat bertanda tangan pimpinan.mohon arahannya
Mohon info, 1. bila ingin merubah/mengisi merk yg ada di DBR bagaimana caranya? Transaksi sudah tahun2 sebelumnya 2. transaksi sudah di catat ke KIB ingin di rubah ke DBR bisa kah? bagaimana caranya, menjadi barang yang di ruangan?
Mohon info, Pak kantor saya mengadakan pengadaan pembangunan pagar dan halaman kantor dengan menggunakan kode akun 533121 Belanja Penambahan Nilai dan Bangunan. Pertanyaanya apakah penginputan data ini menggunakan akun gedung dan bangunan dengan nup yang lama atau dengan nup yang baru? Mohon bimbingan dan saya ucapkan terima kasih...
Selamat Siang. . kami mempunyai 2 aset yang sama, setelah itu ada pengembangan aset yang seharusnya di NUP 2 tetapi saya tambahkan ke aset NUP 1, bagaimana cara merubah pengembangan aset tersebut?
selamat siang para Bapak/ Ibu, mohon share kan form surat keterangan Perubahan Kondisi Barang ke email saya berikut : fransisknababan01@gmail.com. Terima kasih
selamat malam, mau konsultasi pada simak BMN V 18.2 dan SAIBA v 5.2 adk simak untuk kirim UAKPA saat diterima SAIBA tertulis file kosong,padahal di simak kirim dijurnal tertera penambahan aset..dimana kesalahannya mohon petunjuk terima kasih
selamat siang...mau ikutan tanya, terjadi di instansi kami bahwa pemegang aplikasi SIMAK berganti-ganti karena memang tidak ada orang dengan jabatan sebagai pengelola BMN, yang kedua terkadang petugas menginput berdasarkan berkas tidak melihat langsung pekerjaannya, hal ini menyebabkan kesalahan pencatatan yang seharusnya menambah nilai atas aset yang sudah ada malah dicatat sebagai aset baru dengan menggunakan NUP baru sehingga pencatatan aset gedung dan bangunan melebihi gedung dan bangunan yang ada dan hal ini menjadi temuan BPK. apakah bisa diperbaiki pencatatannya dari NUP yang lama menjadi dirubah ke dalam NUP NUP yang seharusnya? mohon pencerahannya, terima kasih.
Selamat siang mas... Mas ... mohon arahannya... waktu input pertama kali saya ga tau kode barang yg saya input ada rinciannya... setelah di teliti sekarang... ternyata terjadi kesalahan pada kode barang ... Mohon arahannya mas... gimana caranya untuk merubah kode barang tadi... makasih mas saya tunggu arahannya... sekalian minta format suratnya dan format untuk kondisi barang mas... makasih mas... email :irna12afrizal@gmail.com
salam kenal.. saya operator simak baru dan pertama kali menghadapi tranfer keluar. saya mau bertanya, bagaimana cara membatalkan tranfer keluar di simak saya. krn saya sudah terlkanjur mengeluarkannya ternyata proses ttranfer tidak jadi dilakukan krn sebab lain..
salam kenal.... saya mau tanya, pada semester 1 ada belanja modal (53) yang telah diinput terus pada bulan september Belanja Modal (53) itu dikoreksi menjadi Belanja Barang (521811). apa yang kami harus lakukan pada Aplikasi SIMAK BMN. Mohon Petunjuknya...
salam kenal mas saya mau nanya apakah pembelian rumah dinas, dengan cara beli rumah jadi, akunnay harus dipecah dua menjadi 533111 dan 531111 atau hanya satu akun di 533111...dan bgmn cara input di simak bmn
salam kenal mas, saya mau nanya seperti apakah metode panitia penjualan atau penghapusan dalam melakukan analisa penghapusan tanpa penjualan untuk bangunan dimana bangunan tsb sudah tidak ada karena adanya anggaran utk membangunan bangunan lain di lokasi bangunan awal?
selamat sore,bagaimana cara memperbaiki jenis barang yang sudah dibeli tahun lalu (2018) ? contoh kasus yang tercatat di smester 2 2018 laptop namun barangnya PC Unit.
Adakah disini yang bisa menjadi mentor untuk belajar aplikasi SIMAK BMN? Karena saya sedang belajar dan untuk memperbaiki posisi saya di kantor apabila saya sudah menguasai aplikasi SIMAK.
halo kak saya mau tanya , waktu kantor kami pengadaan laptop 2 buah namun 1 SPPD nah pas di imput di aplikasi SIMAK BMN di taru 1 ajh kemudian nilainya itu gabungan laptop tsb. nah gimana caranya aku ganti data di SIMAK BMN . Terima Kasih Mohon Balasannya
Halo Admin, sy Operator BMN ingin bertanya "KIB Tanah pada menu transaksi muncul sebanyak 13 KIB tapi pada menu Daftar hanya muncul 3 KIB tanah. Bagaimana solusinya agar keseluruhan KIB itu bisa muncul di Menu Daftar dan bisa dicetak" terimakasih
Selamat siang admin mohon bantuan : 1. Surat Keterangan yang ditandatangani Kuasa Pengguna Barang, yang berisi penjelasan mengenai rincian BMN yang akan dilakukan perubahan kondisi barang,contol dari baik ke rusak ringan/berat 2. Contoh surat keterangan reklas masuk dan reklas keluar Mohon dapat dikirim ke peymovich@gmail.com
Halo admin, saya operator BMN baru mohon petunjuk dan bimbingannya..di satker kami ada barang-barang yang telah berpindah-pindah ruangan..saya mau memperbarui DBR nya..bagaimanakah langkah-langkah yang bisa saya lakukan?selain itu bagaimana cara untuk menghapus nama suatu ruangan, berhubung ruang tersebut sudah tidak ada lagi karena penggabungan ruangan? Terimakasih masukannya
Halo admin, mohon bimbingannya..satker kami memiliki barang yang belum terdistribusi di daftar BMN nya..bagaimana cara memindahkan barang tersebut ke ruangan yang dituju..mohn masukannya di kirim ke heri.yosenov@gmail.com
Selamat Siang Mas.... mau tanya ne saya punya belanja modal TA.2020 yang pekerjaan fisikx sudah dikerjakan 100% oleh penyedia tapi terkendala pembayaran dikarenakan semua anggaran belanja modal dalam DIPA sudah ditarik kembali karena Covid19,,,,pada bulan agustus kami meminta kembali anggaran tersebut dan hasilx anggaran tersebut sudah ada kembali di di DIPA bulan Agustus dan sudah melakukan pembayaran ke pihak ke 3 (konsultan Perencana, Kontraktor dan Konsultan Pengawas). Untuk pengisian ke aplikasi Simakx gmn mas...pembayaran sekaligus 100% tanpa termyn....terimaksih
Malam mas..mohon solusi saya ada barang pengadaan ditahun 2018 yang belum saya masukkan ke dalam aplikasi..barang tersebut baru saya masukkan pada tahun 2020 melalui saldo awal..namun saya diminta membuat berita acaranya…mohon jika ada contoh berita acara tentang pembuatan saldo awal agar dikirimkan ke email aqilahandafifah@gmail.com terima kasih sebelumnya
Selamat Pagi, Izin bertanya mengenai pencetakan label di aplikasi SIMAK BMN Versi 21.2.0 tidak bisa dicetak saat memilih mencetak menggunakan QR CODE. Saat diproses cetak datanya tidak keluar. Padahal logo sudah disetup , menggunakan NUP dan kode barang sudah tetapi masih tidak bisa cetak. Mohon solusinya. Terimakasih
Salam SIMAKers...saya baru menjadi operator... pada tahun 2013 lalu.. ada pengadaan berupa pembangunan Gedung Baru laboratorium, perpustakaan dan gedung arsib.. kemudian ada rehab beberapa gedung..saya mengentrinya melalui pembelian, pada saat irjen memeriksa.. beliau mengatakan semua pengadaan dan rehab gedung harus dientri melalui mekanisme KDP (konstruksi dalam Pengerjaan) sementara laporan sudah dikirimkan ke pusat.. Pertanyaan saya .. mekanisme apa yang harus saya lakukan untuk merubah data entri dari pembelian ke KDP ? apaah setiap konstruksi wajib dientri dengan KDP ? terima kasih atas jawabannya
ReplyDeletetidak semua pengadaan harus melalui KDP.
DeleteKDP digunakan bila pembayarannya menggunakan mekanisme termin (tidak langsung lunas sekaligus).
KDP pun tidak hanya terbatas pada bangunan bisa juga berlaku untuk peralatan mesin, sepanjang pembayarannya menggunakan termin.
salam kenal..saya ingin bertanya..satker kami telah melaksanakan proses penghapusan dan telah dibuat laporan penghapusannya, setelah dilihat kembali ternyata terdapat selisih antara aplikasi simak dengan laporan penghapusan..kesalahan tersebut terjadi disebabkan kesalahan penulisan NUP pada saat proses input pada aplikasi simak di menu penghapusan..kesalahan juga terjadi saat penulisan harga perolehan saat proses pengajuan penghapusan..apa tindakan yang harus dilakukan untuk memperbaiki kesalahan tersebut ? terima kasih..
ReplyDeletekalau kesalahan input nup saat penghapusan itu tinggal di batalkan saja, lalu input kembali nup yang benar.
Deletesedangkan kesalahan input harga perolehan, ini yang sulit, menurut saya hal ini baru dapat diperbaiki jika menjadi temuan BPK atau unit inspektorat di K/L Saudara.
salam kenal semuanya..satker kami rencananya akan mengajukan usulan penghapusan diantara barang tersebut ada motor, untuk menentukan harga limit penjualannya gimana ? trim
ReplyDeleteDapat ditentukan oleh Kuasa Pengguna Sendiri berdasarkan hasil penilaian oleh Tim Penghapusan Satker. Namun dapat juga mengajukan usul penilaian terhadap BMN yang akan dihapus tersebut ke KPKNL setempat.
Deletesalam kenal. saya rinto petugas bmn Madrasah di papua.
ReplyDeletetelah telag menginput sumur gali sebgi aset yang perolehannya dengan 53. setelah saya input ternyata diketahui sebagai kelompok jaringan dan dianggap tidak benar.
pertanyaannya;
1. yang seharusnya saya lakukan apa?
2. teknik pembenarannya pencatatan seperti apa?
terimaskasih
Memang seharusnya sumur tersebut menggunakan kode penggolongan jalan, irigasi dan jaringan yang diawali dengan kode barang 5, bukan 3 yang merupakan golongan peralatan. Untuk itu lakukan perekaman :
ReplyDelete1. Reklasifikasi Keluar –> untuk mengeluarkan BMN yang salah rekam tersebut
2. Reklasifikasi Masuk —> untuk merekam nama BMN yang benar
Kodefikasi BMN sumur yang merupakan golongan 5 ini ada bermacam2, silahkan dipilih yang paling tepat menurut kondisi yang ada.
Nanya mas..
ReplyDelete1. Untuk pembelian brang dengan akun sp2d 523121 berupa Ac dan kipas angin itu input ke simaknya gmna y?
2. Cara input barang semster 1 thun 2013 ke simak gmna cranya y, kan belum pake adk2an?
Mksi
1. Pembelian tersebut salah penggunaan akun 52nya, harusnya menggunakan 53, coba konsultasikan dengan KPPN cara merevisi akun tersebut.
ReplyDelete2. Apakah yang dimaksud perolehannya tahun 2013 tapi belum direkam di SIMAK? Jika hal ini yang dimaksud maka karena saat ini sudah tahun 2014, maka diinput melalui menu : Transaksi BMN – Saldo Awal BMN
mao tanya mas, untuk koreksi perubahan kondisi BMN tidak bisa di input tanpa no. dasar koreksi, nah itu no dasar koreksi itu apa ya mas? apa harus dibuat surat pernyataan? bisa minta contoh untuk no dsar koreksi
ReplyDeleteAgar dibuat Surat Keterangan yang ditandatangani Kuasa Pengguna Barang, yang berisi penjelasan mengenai rincian BMN yang akan dilakukan perubahan kondisinya, misal dari baik ke rusak ringan/berat.
ReplyDeletebisa kirimkan email softcopy contoh suratnya.. ke mugie.daffa2@gmail.com
Deleteiya mas boleh minta contoh suratnya, liasince2010@gmail.com
Deletemohon bantuannya, terima kasih
mas sy bisa binta minta contoh suratnya gak?
Deletereinhard.bnn@gmail.com
makasih
boleh minta jg contoh suratnya ke bnnkotakendari@ymail.com, trima ksh
DeleteIjin mas sy boleh minta contoh surat dasar koreksinya jg gak..? ke edyguevara80@gmail.com, makasih
DeleteMas, saya bisa minta contoh surat dasar koreksi barang rusak berat? ke novairaini@gmail.com
Deleteatas bantuan saya ucapkan terima kasih
mas minta juga contoh suratnya ke email uchiharyoga89@gmail.com
Deleteizin mas boleh bagi contohnya juga? email : wirapriharto30@gmail.com
DeleteMas, mohon share kan format Surat Keterangannya ke email berikut : fransiskanababan01@gmail.com
DeleteKarna kendaraan pada satker kami banyak yang harus diubah kondisinya
Mas, mohon share kan format Surat Keterangannya ke email berikut ; alex_lpkotabumi@yahoo.com
DeleteMas, mohon share kan contoh surat dasar koreksi untuk mobil ke email : Abdulmudzil01@gmail.com
DeleteMalem mas,,,, mohon ijin minta format contoh surat dasar koreksi ke email ajimardianto2112@gmail.com
Deletemas mohon sharebkan contoh surat dasar koreksi BMN ke antrel7@gmail.com Terimakasih
Deleteslamat pagi mas...
Deletemohon di email juga ke saya yaa mas dengan format surat keterangan perubahan kondisi BMN sebagai dasar untuk di input di SIMAK BMN..
jaldiherianto@gmail.com
terimakasih
siang mas, mohon sharekan contoh surat dasar koreksi BMN ke cholqi.f@gmail.com Terimakasih
Deletesiang mas, mohon share contoh surat dasar koreksi perubahan kondisi BMN ke adennis.resti@gmail.com Terimakasih sebelumnya
Deletesiang pak, mohon share contoh surat dasar koreksi BMN ke hanz.fatrur@gmail.com, terima kasih
Deletemas saya juga minta di email.icadtjan@gmail.com
Deletemalam mas, boleh saya juga minta contoh surat keterangah perubahan kondisi BMN nya? ke stich060@gmail.com mohon bantuannya, terim kasih
Deletesaya juga mas minta contoh keterangan nya :)
Deletee-mail : ferdinanlumingas@gmail.com
boleh saya juga minta contoh surat keterangah perubahan kondisi BMN nya? ke emkhan3@gmail.com mohon bantuannya, terim kasih
Deleteboleh saya minta contoh surat keterangan perubahan kondisi BMN nya pak/bu... Email nya fahmiriza1995@gmail.com
Deletemau merubah kondisi BMN sesuai hasil revaluasi
Mohon izin Pak, boleh minta tolong dikirimkan contoh surat keterangan perubahan kondisi BMNnya, Email: mahabahsani2407@gmail.com
DeleteTerima Kasih Pak
Ijin Minta Format Surat Keterangannya perubahan kondisinya PAK
Deleteekonew78@gmail.com
ijin minta format surat keterangan perubahan kondisi seperti diatas pak, email : man.sumpur@yahoo.com
Deletemohon bantuannya kak. saya juga perlu bentuk formatnya karena masih kendala pada perubahan kondisi barang. email : meilinamaspekeh@gmail.com terima kasih.
DeleteIjin dikirimkan format surat keterangan perubahan kondisinya kak email : pemaintenan@gmail.com
DeleteTerima kasih.
Ijin dikirimkan format surat keterangan perubahan kondisinya kak email: sya_fahmi@yahoo.co.id/syafukhmie@gmail.com
DeleteTerima kasih
Ijin dikirimkan format surat keterangan perubahan kondisinya email : yusvifildzah@gmail.com
DeleteTerima kasih.
mohon izin share juga pak, format surat keterangan perubahan status kondisi nya ke heri.yosenov@gmail.com
Deleteterimakasih
ijin minta format surat keterangan perubahan kondisi seperti diatas pak, email : adeprihatmoko@gmail.com
Deletemohon bantuannya jika kode satker berubah pd aplikasi simak, cara dan langkah2 nya..
ReplyDeletesebelum dan setelahnya saya ucapkan banyak terima kasih
Theo (LAPAS Anak Kutoarjo)
LPAKTA@gmail.com; lpakutoarjo@gmail.com
Mat malam pak sy mau tanya masalah penerimaan barang hibah.utk proses penginputan ke simakbmn apakah nunggu registrasi dr DJPU baru di input atau langsung di input sambil nunggu proses registrasi djpu. Mohon penjelasannya pak skian trim
ReplyDeletepagi mas, mau nanya di aplikasi BMN satker kami salah satu barang dalam kondisi rusak berat berupa tanah, sy mau merubah di menu perubahan kondisi BMN tapi disitu masih dalam kondisi baik, solusi-nya supaya tanah tidak muncul lgi dalam laporan barang dengan kondisi rusak berat bagaimana mas? terima kasih
ReplyDeleteSelamat malam Pa. Mohon arahan dan bimbingan,
ReplyDeleteSaya petugas baru dan langsung ada pemeriksaan.
Mohon bantuan untuk memberi tanggapan dari temuan tersebut, agar kata2 nya tidak salah.
Temuan saya seperti ini Pa...
1. ATR yang belum diserah terimakan.
2. ATB yang belum dikapitalisasi terhadap aset fisik yang sudah selesai dikerjakan.
Mohon bantuan nya Pa,
Terimakasih banyak.
Di tempat kami bekerja dibuat satker baru dalam kaitannya dengan pengelolaan keuangan dan BMN. Ada 4 satker baru dengan masing2 DIPA baru. Jadi total 5 satker. Sedangkan operator BMN hanya saya sendiri harus mengelola 5 satker karena ketiadaan pegawai yang sanggup karena sedikitnya pegawai kantor. Yang ingin saya tanyakan bagaimana nantinya saat rekonsiliasi,apakah saya harus bawa 5 laptop dengan masing2 laptop ada 5 aplikasi simak,atau cukup 1 laptop untuk 5 satker dengan 1 aplikasi (bagaimana cara instalnya).
ReplyDeletesatu laptop aja hanya user satkernya yang dibuat 4
DeleteDi tempat kami bekerja dibuat satker baru dalam kaitannya dengan pengelolaan keuangan dan BMN. Ada 4 satker baru dengan masing2 DIPA baru. Jadi total 5 satker. Sedangkan operator BMN hanya saya sendiri harus mengelola 5 satker karena ketiadaan pegawai yang sanggup karena sedikitnya pegawai kantor. Yang ingin saya tanyakan bagaimana nantinya saat rekonsiliasi,apakah saya harus bawa 5 laptop dengan masing2 laptop ada 5 aplikasi simak,atau cukup 1 laptop untuk 5 satker dengan 1 aplikasi (bagaimana cara instalnya).
ReplyDeletesaya juga punya 4 dipa. cukup 1 laptop dan1 aplikasi saja. cuma user nya aj yang beda. dibuat masing-masing dipa.
ReplyDeleteAssalam.., Satker kami memiliki belanja mobilier kursi siswa dan lemari. kemudian di bulan berikutnya ada lagi SP2D Honor panitia Barjas. Bagaiman cara penginputan di SIMAK, utamanya honor tadi? apa anggaranya aku gabungkan aja dengan barang?
ReplyDeleteAsalamualaikum.... Pak pada bulan ini satker kami melakukan pengadaan website, kendala sy saat mau menginput ke Simak_BMN tidak dapat menemukan kode aset website, mohon bantuannya website ini kira2 diberi status apa ya pak?terima kasih
ReplyDeleteSalam...says operator Simak, kendala says ketika sy ingin membuka aplikasi tidal DPT terkoneksi dg database Dan muncul pesan spt connectivity error:(MySQL)(ODBC 3.51 Driver)Unknown MySQL server host '"LOCALHOST"' (0), ....mohon solusinya Dan trims bantuannya
ReplyDeleteAssalamu'alaikum
ReplyDeleteSaya MAKSUSI, operator SIMAK BMN pada Satker MTsN 2 Banjarnegara, mohon pencerahan terkait kekeliruan input data pembangunan pagar permanen yang seharusnya masuk pada KIB Bangunan tapi masuk pada DIL pada tahun perolehan 2009, bagaimana cara merubahnya,
Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
Wassalamu'alaikum
Assalamu'alaikum... saya mau tanya mas,,, di satker saya ada pembangunan paga pada sebuah KUA menggunakan KDP,, apakah pagar tsb bukan merupakan satu kesatuan dengan bangunan KUA nya ?.... walaupun pembangunannya beda kontrak mas....
ReplyDeletesalam kenal, saya br menjadi operator bmn utk tk eselon 1 di kementerian, adakah panduan cara penginputan bmn bagi pemula seperti saya?? dan kelengkapan berkas utk penginputannya, mohon informasinya, thx-harris (cyrie_ez@yahoo
ReplyDeletecom)
Asslamu Alaikum, Selamat Sore Pak Salam Kenal, Sya Iqbal dari Makassar, Mau nanya soal menetukan harga Tafsiran BMN seperti menara Tower (pemancar Radio) itu bagaimana? apa ada ketentuan untuk menentukan harga taksiranx?, dan akun untuk mencatat disimak itu masuk jenis gedung dan bangunan atau masuk perlatan mesin? mohon pencerahaanya..
ReplyDeleteassalamualaikum, salam kenal pak. saya mau tanya bila kita dapat adk transfer masuk untuk periode sm 1 tp adk sampai di sm 2 bagaimana yah pak? akankah itu mengganggu laporan sm 1 sy bl saya input pak
ReplyDeleteassalamualaikum, salam kenal pak. saya mau tanya bila kita dapat adk transfer masuk untuk periode sm 1 tp adk sampai di sm 2 bagaimana yah pak? akankah itu mengganggu laporan sm 1 sy bl saya input pak
ReplyDeletesalam kenal mas. saya mau tanya. di dipa satker kami ada belanja modal tanah dengan akun 531111 tetapi fisiknya itu berupa pagar, terus saya masukan ke bmn nya berupa tanah apakah itu nantinya bermasalah? kemudian saya input dengan KDP di neraca bmn nilainya udah masuk ke tanah tetapi setelah saya kirim ke SAIBA itu ko di neracanya masih KDP ya belum masuk ke tanah nilainya. mungkin bisa bantu... terima kasih..
ReplyDeletesalam kenal, saya br menjadi operator bmn ,adakah panduan cara penginputan bmn bagi pemula seperti saya?? dan kelengkapan berkas utk penginputannya, mohon informasinya. lbert_frank@yahoo.com terima kasih..
ReplyDeleteSalam. Saya ingin menginput transaksi transfer keluar KDP, namun muncul informasi bahwa transaksi tidak bisa disimpan karena periode tanggal buku ini sudah dilakukan penyusutan.... Padahal saya sudah melakukan batal susut untuk semester I dan II.. Adakah solusinya?
ReplyDeleteAssalamu'alaykum. Sy Op Simak BMN Kejaksaan Negeri Takengon. Mau tanya :
ReplyDelete1. Untuk Hibah dr pemda berupa renovasi gedung rumah dinas tepatnya di entri pada menu apa ya?
2. Hibah berupa PEMASANGAN PAVING BLOK pada lahan parkir di Komplek Rumah Dinas, sudah saya cari di daftar barang tidak ada penamaan untuk pemasangan paving blok. Jk dimasukkan ke barang JALAN .... maka muncul KIB baru untuk tanah jalan. mohon bantuan dan saran.
3. Mengubah Kondisi Asset pd Aplikasi SIMAK BMN apakah ada syarat/ketentuannya?
SELAMAT MALAM SAYA OPERATOR SIMAK BMN BATALYON KAVALERI-10/SERBU MAKASSAR MAU MENANYAKAN:
ReplyDelete1.BAGAIMANA MERUBAH HARGA DIKARENKAN SALAH DALAM PENGINPUTAN
2.JELASKAN PROSES KAPITALISASI YANG BENAR
TERIMA KASIH
persyaratan untuk merubah nilai kondisi barang
ReplyDeletePak mau tanya pada tahun 2013, 2014 dan 2015 satker kami ada pembelian tanah urugan (53)ada 4, dan di input di pembelian BMN sehingga di laporan kuasa pengguna muncul jml 4 unit (menambah kumulatif nilai tanah). mengingat tanah tersebut berupa tanah urugan untuk pematang/jln di tambak. Padahal tanah urugan tersebut tidak muncul sertifikat.SERTIFIKAT YG BERUPA 2 PETAKAN TAMBAK BESAR PD TAHUN 2013 - 2015 DI PECAH MENJADI PETAKAN KECIL DAN DI TAMBAHI JALAN/PEMATANG DENGAN PENGADAAN TANAH URUGAN.Jadi bagaimana cara satker kami memperbaiki data tersebut ?.
ReplyDeleteAssalamu'alaikum,, Pagi mas, mau tnya, ini mau input barang ke Hibah, terus serah terima barangnya tahun 2015, sedangkan Berita Serah Terima Barangnya tahun 2016, gmn ya kalo begitu?, mohon pencerahannya ya mas
ReplyDeleteassalamu'alaikum..pagi pak..maaf mau tanya..
ReplyDelete1. Saya mau restore aplikasi simak bmn tapi eror muncul tulisan error 'TDHDKTP' is not found, itu kenapa ya pa..?
2. Saya sudah melakukan pengiriman data dari persediaan ke simak lalu ke saiba.namun nilai persediaan di saiba tidak sama dengan simak dan persediaan..itu kenapa ya pa..?saya lihat rincian jurnal pengiriman dari persediaan ke simak sama dari simak ke saiba juga tidak sama..
Selamat Pagi, saya mau bertanya bagaimana Merubah Nama Uraian BMN dari Asrama/Mess Menjadi Rumah Negara Golongan II Pada Aplikasi SIMAK BMN sesuai dengan PMK. Terima Kasih
ReplyDeleteAss..
ReplyDeleteMas giman caranya mengubah status gedung bangunan dari semi permanen menjadi permanen..sepertinya terjadi kesalahan input operator yg dulu..sekarang kami mau mengganti dan mengoreksinya..
Assalamualaikum wr.wb
ReplyDeleteMas aplikasi simak saya kalau mau print KIB Gedung bangunan tidak mau muncul hasil nya..
Mohon percerahanya mas..
trim's byk sebelumnya
upload backup SIMAk ke KOMDANAS error " file tidak terbaca"
ReplyDeleteAsslammu"alaikum wr.wb....selamat siang mas, saya mau tanya kalau ada kesalahan memasukkan nama barang dan terjadi tahuna yang lalu (2015)dan sudah dilaporkan , apa bisa dirubah, atau tolong bagaimana solusinya, terima kasih banyak
ReplyDeleteAssalamualaikum mas eko, kalau ada honor panitia pengadaan barang mesin yang diinput di menu pembelian tahun 2015 dan akan dikoreksi pada tahun 2016, bagaimana solusinya mas? di iput melalui menu apa?
ReplyDeleteMau tanya mas hasil tim audit BPk dan Pivot penyusutan peralatan dan mesin 131,199,664 sedangkan si simak 133,021,022 terus bagaimana cara merubah di simaknya.karena kalau rekon ke kanwil harus sama dengan hasil pivot.terimakasih sebelumnya
ReplyDeletecara merubah kondisi barang bagai mana?
ReplyDeleteSalam... saya operator SIMAK-BMN yang baru di SK kan tapi saya msh bingung instal aplikasinya karena saat selesai semua diinstal... selalu error mohon bantuannya gimana cara instalnya yang benar dan di mana bisa dapat masternya dari launcher sampai update terakhir, udah download sana sini tapi selalu gagal
ReplyDeleteDi satker kami ada satu rumah negara yg salah pada luas bangunan, harusnya 70m2 tp di simak nya terinput 500m2... itu gimana cara benerinnya?
ReplyDeleteBAGAIMANA CARA MENAMBAH BARANG BARU DI APLIKASI SIMAK ?
ReplyDeletedi satker kami ada aset tanah tapi tidaka ada dokumen bukti kepemilikan nya, apakah tindakan saya sbg petugas simak bmn
ReplyDeletebapak yang terhormat, untuk menginput data aset berupa tanah dan bangunan data/dokumen apa saja yang harus disiapkan, bagaimana jika dokumen kepemilikannya tidak ada
ReplyDelete1. di satker kami ada pembelian karpet menggunakan akun belanja barang (52). setelah diaudit, katax harus di rekam di aplikasi simak bmn krn memenuhi syarat kapitalisasi. pertanyaan kami : bagaimana cara merekamx di simak bmn..? tambahan informasi bahwa barang tersebut dibeli pada tahun sebelumx.
ReplyDelete2. apakah bmn yang diusulkan dari KPB ke PB harus diPSPkan dulu, baru bisa diusulkan penghapusanx..?
3. Tks
Assalamu'alaikum...
ReplyDeletepak mohon bantuannya, di satker kami ada kesalahan input nama aset pada tahun yang lalu, namun aset tersebut terjadi penyusutan, bagaiman cara merubahnya ya pak. terims
Assalamualaikum, maaf Pak Mengganggu saya admin baru 2016 di BMN. mohon bantuannya, saya menginfut bangunan baru di Transaksi BMN melalui Perolehan BMN terus penyelesaian bangunan langsung setelah itu saya susutkan dan terus kirim ke UAKPA seteah di cek di SAIBA masih muncul belum diregister gedung bangunan,bagai mana cara membetulkan yang belum diregister ? terima kasih
ReplyDeleteASSALAMUALAIKUM ... JIKA MEBELI BARANG DAN MENDAPATKAN BONUS ATAU FREE OF CHARGE ..BAGAIMANA CARA MEMASUKANNYA DAN BAGAIMANA PENILAIANNYA. TERIMA KASIH
ReplyDeletepak saya OPerator SImak BMN Pn sibolga, bagaimana cara mengubah kondisi BMN di SIMAK BMN
ReplyDeleteassalamualaikumm,,,pak bagaimana cara menginput di BMN yang jenis SPM nya pembayaran: (1) Non Gaji Kontraktual, (2) pembayaran 100% pekerjaan rehabilitasi RKB, (3) pembayaran uang muka 30% pekerjaan rehab RKB dan (4) pembayaran 100% pekerjaan perencanaan tehnis rehab gedung RKB.
ReplyDeleteAssalamu Alaikum..
ReplyDeleteSalam Simakers...Sya input Transaksi pembelian BMN,,pada buku daftar SPM terkait BMN sudah tidak ada selisih tpi dikirim ke Saiba Muncul Peralatan dan Mesin "Belum Diregister", Padahal Sudah tidak ada selisih....Mohon Bantuannya Pak....
Kami ingin beli barang barang komputer dan sejenisnya lewat toko online. Tapi barang tersebut tidak bisa masuk ke simak bmn dengan Alasannya dokumen kurang. Toko Online tidak mau menerbitkan dokumen yang diperlukan. Sementara kalau dengan pihak ketiga, akan menambah biaya sampai 40 persen. Bagaimana solusinya?
ReplyDeleteBagaimana cara input Perencanaan Pembuatan Speed Menyelam. Terimakasih
ReplyDeleteMAU NANYA KAMI ADA PEMBAGUNAN RKB BARU YANG DILAKUKAN SECARA BERTERMIN DAN DI DALAMNYA JUGA ADA PENGADAN MOBILERNYA DAN JUGA BIAYA PERENCANAANYA , BAGAI MANA PROSES PENGIMPUTANNYA PADA SIMAK BMN , MOHON SOLUSI DONG
ReplyDeleteSelamat siang Pak bagaimana caranya membuat surat untuk koreksi BMN yng baik menjadi Rusak berat trim
ReplyDeleteselamat siang pak...bagaimana merubah data yang tercatat dalam KIB padahal seharusnya hanya di DBR saja
ReplyDeleteselamat siang....bagaimana solusi bila ADK Transfer Keluar tidak sama dengan UAKPB tujuan.
ReplyDeleteSelamat Siang, mau tanya. Ini sy dapat transferan barang dari satker pusat. Mereka menginput dengan menu transfer keluar dan sy pun menginput dengan menu transfer masuk. Permasalahan yang kemudian muncul yaitu pada daftar barang ruangan barang tersebut tidak tercatat dalam DBR. bagaimana menginput nya dalam DBR?
ReplyDeleteAdmin,,,
ReplyDeleteSaya mw bertanya nih,,
Satker kami dapat pengadaan bangunan 180jt akun 533111, jadi oleh PPK di bagi 2, setengah untuk pengadaan bangunan, stengah lg pengadaan meubelair,, pada saat diinput di simak, masih oke, ketika dikirim ke saiba, nah dsini permasalahanya, ada peralatan dan mesin yg belum diregister sejumlah dana meubelair, dan gedung bangunan belum dregister sjumlah harga meubelair itu juga,
Jadi gimana mengatasi ini pak? Supaya neraca tdk ada kata2 belum diregister
Admin,,,
ReplyDeleteSaya mw bertanya nih,,
Satker kami dapat pengadaan bangunan 180jt akun 533111, jadi oleh PPK di bagi 2, setengah untuk pengadaan bangunan, stengah lg pengadaan meubelair,, pada saat diinput di simak, masih oke, ketika dikirim ke saiba, nah dsini permasalahanya, ada peralatan dan mesin yg belum diregister sejumlah dana meubelair, dan gedung bangunan belum dregister sjumlah harga meubelair itu juga,
Jadi gimana mengatasi ini pak? Supaya neraca tdk ada kata2 belum diregister
Selamat Sore Bpk, Sy Fitri dari Baturaja.
ReplyDeleteSaya Operator Baru SIMAK di Instansi tepat saya bekerja, Instansi kami sedang persiapan terkait Revaluasi BMN, kmrn saya mencoba update KIB dan tidak sengaja terhapus mohon arahannya pak terkait yang harus saya lakukan karena telah saya cb buat KIB nya kembali tetapi harga perolehannya tidak sama.
Trims, salam super.
maaf apakah bmn nya belum di backup terlebih dahulu
Deleteassalamualaikum wr.wb,,saya mau tanya sebagai petugas BMN untuk melakukan tugas yg salah satunya input ke SIMAK apa harus punya sprint dari kepala satker atau cukup dengan SK??
ReplyDeleteMohon arahan dan solusi nya apabila nilai penyusutan aset tetap yg tdk digunakan dlm operasi pemerintahan lebih besar dari aset tetap yg tdk digunakan dlm operasi pemerintahan...makasih
ReplyDeleteMohon bantuannya agan...
ReplyDeleteDisatker saya ada pencatatan salah satu gedung dan bangunan pada SIMAK BMN tpi setelah sy cek Daftar KIB pada simak ternyata tidak ada. Padahal pada aplikasi siman ada.
saya ingin bertanya
ReplyDelete1. tahun 2017 ada pembelian 30 buah headset. tetapi waktu penginputan salah. menjadi 1 buah headset. bagaimana cara memperbaikinya, dikarenakan sudah pindah tahun periode 2018 ?
2. Kegunaan reklas keluar dan koreksi pencatatan apa saja. dan contohnya bagaimana ?
terima kasih
assalamu alaikum,ijin mas.mau tanya,ada gak contoh surat keterangan yang dibuat dari pimpinan Satker untuk penghapusan barang.krn barang tersebut mau dikeluarkan dari daftar barang ruangan?hanya minta surat bertanda tangan pimpinan.mohon arahannya
ReplyDeleteMohon info,
ReplyDelete1. bila ingin merubah/mengisi merk yg ada di DBR bagaimana caranya? Transaksi sudah tahun2 sebelumnya
2. transaksi sudah di catat ke KIB ingin di rubah ke DBR bisa kah? bagaimana caranya, menjadi barang yang di ruangan?
terima kasih sebelumnya
Assalamualaikum.. Mohon bantuan nya untuk merekam perubahan kondisi barang di tahun berikutnya pada di aplikasi SIMAK bagaimana yah?
ReplyDeleteMohon info,
ReplyDeletePak kantor saya mengadakan pengadaan pembangunan pagar dan halaman kantor dengan menggunakan kode akun 533121 Belanja Penambahan Nilai dan Bangunan. Pertanyaanya apakah penginputan data ini menggunakan akun gedung dan bangunan dengan nup yang lama atau dengan nup yang baru?
Mohon bimbingan dan saya ucapkan terima kasih...
Bagaimana cara memasukan BMN yg belum di distribusikan di aplikasi simak bmn? Dan
ReplyDeleteApakah jika sudah disesuaiakan nilai neraca Bmn akan berubah?
tanya mas,kenapa kalau cetak BMN untuk tahun lalu error?
ReplyDeletePak, Kalau kendaraan yg rusak berat langkah-langkah untuk penghapusannya bagaimana ?
ReplyDeleteSelamat Siang. .
ReplyDeletekami mempunyai 2 aset yang sama, setelah itu ada pengembangan aset yang seharusnya di NUP 2 tetapi saya tambahkan ke aset NUP 1, bagaimana cara merubah pengembangan aset tersebut?
selamat siang para Bapak/ Ibu, mohon share kan form surat keterangan Perubahan Kondisi Barang ke email saya berikut : fransisknababan01@gmail.com. Terima kasih
ReplyDeleteMas, mohon share kan contoh surat dasar koreksi untuk peralatan dan mesin ke email : ridhaarti@gmail.com
ReplyDeleteMohon gimana cara untuk kita pisah kan barang diaplikasi simak bmn, barang yang kondisi baik ke kondisi rusak
ReplyDeleteselamat malam, mau konsultasi pada simak BMN V 18.2 dan SAIBA v 5.2 adk simak untuk kirim UAKPA saat diterima SAIBA tertulis file kosong,padahal di simak kirim dijurnal tertera penambahan aset..dimana kesalahannya mohon petunjuk terima kasih
ReplyDeleteup..pertanyaan yg sama, mohon pencerahannya pak..
DeleteMaaf mas bisa minta contoh format surat dasar koreksinya kesalahan pencatatan dong
ReplyDeleteselamat siang...mau ikutan tanya, terjadi di instansi kami bahwa pemegang aplikasi SIMAK berganti-ganti karena memang tidak ada orang dengan jabatan sebagai pengelola BMN, yang kedua terkadang petugas menginput berdasarkan berkas tidak melihat langsung pekerjaannya, hal ini menyebabkan kesalahan pencatatan yang seharusnya menambah nilai atas aset yang sudah ada malah dicatat sebagai aset baru dengan menggunakan NUP baru sehingga pencatatan aset gedung dan bangunan melebihi gedung dan bangunan yang ada dan hal ini menjadi temuan BPK. apakah bisa diperbaiki pencatatannya dari NUP yang lama menjadi dirubah ke dalam NUP NUP yang seharusnya? mohon pencerahannya, terima kasih.
ReplyDeleteSelamat siang mas...
ReplyDeleteMas ... mohon arahannya... waktu input pertama kali saya ga tau kode barang yg saya input ada rinciannya... setelah di teliti sekarang... ternyata terjadi kesalahan pada kode barang ...
Mohon arahannya mas... gimana caranya untuk merubah kode barang tadi... makasih mas saya tunggu arahannya... sekalian minta format suratnya dan format untuk kondisi barang mas...
makasih mas... email :irna12afrizal@gmail.com
Salam kenal. Mas saya mau tanya kalau mau beli BMN syaratnya harus ikut lelang atau bisa langsung penunjukan. Mohon pencerahannya. Terimakasih
ReplyDeleteSalam kenal. Mas saya mau tanya kalau mau beli BMN syaratnya harus ikut lelang atau bisa langsung penunjukan. Mohon pencerahannya. Terimakasih
ReplyDeletesalam kenal.. saya operator simak baru dan pertama kali menghadapi tranfer keluar. saya mau bertanya, bagaimana cara membatalkan tranfer keluar di simak saya. krn saya sudah terlkanjur mengeluarkannya ternyata proses ttranfer tidak jadi dilakukan krn sebab lain..
ReplyDeletesalam kenal....
ReplyDeletesaya mau tanya, pada semester 1 ada belanja modal (53) yang telah diinput terus pada bulan september Belanja Modal (53) itu dikoreksi menjadi Belanja Barang (521811). apa yang kami harus lakukan pada Aplikasi SIMAK BMN. Mohon Petunjuknya...
selamat siang,
ReplyDeletesaya mau tanya perihal aplikasi persediaan, saya mau input reklasifikasi masuk dan keluar masih belum paham bisakah diberitahu
Siang mas mau tanya kalo "alat kalibrasi arah kiblat" di simak input pke kode apa ya?
ReplyDeleteIJIN MINTA FORMAT SURAT KETERANGAN PEUBAHAN KONDISI PAK
ReplyDeleteekonew78@gmail.com
Terima Kasih.....
salam kenal mas saya mau nanya apakah pembelian rumah dinas, dengan cara beli rumah jadi, akunnay harus dipecah dua menjadi 533111 dan 531111 atau hanya satu akun di 533111...dan bgmn cara input di simak bmn
ReplyDeletesalam kenal mas, saya mau nanya seperti apakah metode panitia penjualan atau penghapusan dalam melakukan analisa penghapusan tanpa penjualan untuk bangunan dimana bangunan tsb sudah tidak ada karena adanya anggaran utk membangunan bangunan lain di lokasi bangunan awal?
ReplyDeleteselamat sore,bagaimana cara memperbaiki jenis barang yang sudah dibeli tahun lalu (2018) ? contoh kasus yang tercatat di smester 2 2018 laptop namun barangnya PC Unit.
ReplyDeleteReklas Keluar Laptop dan Reklas Masuk P.C unit
DeleteAdakah disini yang bisa menjadi mentor untuk belajar aplikasi SIMAK BMN?
ReplyDeleteKarena saya sedang belajar dan untuk memperbaiki posisi saya di kantor apabila saya sudah menguasai aplikasi SIMAK.
Terima kasih
halo kak saya mau tanya , waktu kantor kami pengadaan laptop 2 buah namun 1 SPPD nah pas di imput di aplikasi SIMAK BMN di taru 1 ajh kemudian nilainya itu gabungan laptop tsb. nah gimana caranya aku ganti data di SIMAK BMN . Terima Kasih Mohon Balasannya
ReplyDeleteMenu penghapusan pada aplikasi simak BMN tidak bisa berfungsi... Versi 19.21 ke atas
ReplyDeleteselamat sore,,mau tanya kl mau nambah nama barang yang baru di aplikasi simak bgmna yah?
ReplyDeletecontoh : saya beli kulkas,,tapi di simak tidak ada nama barang kulkas,,itu mau nambah nama barangnya gmna yah??
trimakasih....
mohon solusi, terjadi error untuk penginputan penghapusan bmn
Deletetrims...
Halo Admin, sy Operator BMN ingin bertanya "KIB Tanah pada menu transaksi muncul sebanyak 13 KIB tapi pada menu Daftar hanya muncul 3 KIB tanah. Bagaimana solusinya agar keseluruhan KIB itu bisa muncul di Menu Daftar dan bisa dicetak" terimakasih
ReplyDeleteSelamat siang admin mohon bantuan :
ReplyDelete1. Surat Keterangan yang ditandatangani Kuasa Pengguna Barang,
yang berisi penjelasan mengenai rincian BMN yang akan
dilakukan perubahan kondisi barang,contol dari baik ke rusak
ringan/berat
2. Contoh surat keterangan reklas masuk dan reklas keluar
Mohon dapat dikirim ke peymovich@gmail.com
Halo admin, saya operator BMN baru mohon petunjuk dan bimbingannya..di satker kami ada barang-barang yang telah berpindah-pindah ruangan..saya mau memperbarui DBR nya..bagaimanakah langkah-langkah yang bisa saya lakukan?selain itu bagaimana cara untuk menghapus nama suatu ruangan, berhubung ruang tersebut sudah tidak ada lagi karena penggabungan ruangan? Terimakasih masukannya
ReplyDeleteHalo admin, mohon bimbingannya..satker kami memiliki barang yang belum terdistribusi di daftar BMN nya..bagaimana cara memindahkan barang tersebut ke ruangan yang dituju..mohn masukannya di kirim ke heri.yosenov@gmail.com
ReplyDeleteterimakasih atas masukannya
Selamat Siang Mas.... mau tanya ne saya punya belanja modal TA.2020 yang pekerjaan fisikx sudah dikerjakan 100% oleh penyedia tapi terkendala pembayaran dikarenakan semua anggaran belanja modal dalam DIPA sudah ditarik kembali karena Covid19,,,,pada bulan agustus kami meminta kembali anggaran tersebut dan hasilx anggaran tersebut sudah ada kembali di di DIPA bulan Agustus dan sudah melakukan pembayaran ke pihak ke 3 (konsultan Perencana, Kontraktor dan Konsultan Pengawas). Untuk pengisian ke aplikasi Simakx gmn mas...pembayaran sekaligus 100% tanpa termyn....terimaksih
ReplyDeleteMalam mas..mohon solusi saya ada barang pengadaan ditahun 2018 yang belum saya masukkan ke dalam aplikasi..barang tersebut baru saya masukkan pada tahun 2020 melalui saldo awal..namun saya diminta membuat berita acaranya…mohon jika ada contoh berita acara tentang pembuatan saldo awal agar dikirimkan ke email aqilahandafifah@gmail.com terima kasih sebelumnya
ReplyDeleteselamat siang,,bagaimana cara menambah nama barang yg baru ke aplikasi simak.terimaksaih
ReplyDeleteMohon penjelasannya, bagaimana cara memindahkan Barang Belum Terdistribusi KIB (Kartu Identitas Barang) untuk dimasukkan ke DBR atau DBL?
ReplyDeleteSelamat Pagi, Izin bertanya mengenai pencetakan label di aplikasi SIMAK BMN Versi 21.2.0 tidak bisa dicetak saat memilih mencetak menggunakan QR CODE. Saat diproses cetak datanya tidak keluar. Padahal logo sudah disetup , menggunakan NUP dan kode barang sudah tetapi masih tidak bisa cetak. Mohon solusinya. Terimakasih
ReplyDelete