Klik di sini sebagai tanda terima kasih anda

KONSULTASI SIMAK BMN

Bagi Bapak/Ibu operator SIMAK BMN yang ingin berkonsultasi seputar permasalahan pada penggunaan aplikasi SIMAK BMN, mohon menuliskan permasalahan tersebut di sini. Terima kasih.

Diasuh oleh :
Eko

Eko Budi Syaifudin, S.E., M.M.
Pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Semarang
Pengajar Materi SIMAK BMN pada Program Percepatan Akuntabilitas Keuangan Pemerintah (PPAKP)

145 comments:

  1. Salam SIMAKers...saya baru menjadi operator... pada tahun 2013 lalu.. ada pengadaan berupa pembangunan Gedung Baru laboratorium, perpustakaan dan gedung arsib.. kemudian ada rehab beberapa gedung..saya mengentrinya melalui pembelian, pada saat irjen memeriksa.. beliau mengatakan semua pengadaan dan rehab gedung harus dientri melalui mekanisme KDP (konstruksi dalam Pengerjaan) sementara laporan sudah dikirimkan ke pusat.. Pertanyaan saya .. mekanisme apa yang harus saya lakukan untuk merubah data entri dari pembelian ke KDP ? apaah setiap konstruksi wajib dientri dengan KDP ? terima kasih atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak semua pengadaan harus melalui KDP.
      KDP digunakan bila pembayarannya menggunakan mekanisme termin (tidak langsung lunas sekaligus).
      KDP pun tidak hanya terbatas pada bangunan bisa juga berlaku untuk peralatan mesin, sepanjang pembayarannya menggunakan termin.

      Delete
  2. salam kenal..saya ingin bertanya..satker kami telah melaksanakan proses penghapusan dan telah dibuat laporan penghapusannya, setelah dilihat kembali ternyata terdapat selisih antara aplikasi simak dengan laporan penghapusan..kesalahan tersebut terjadi disebabkan kesalahan penulisan NUP pada saat proses input pada aplikasi simak di menu penghapusan..kesalahan juga terjadi saat penulisan harga perolehan saat proses pengajuan penghapusan..apa tindakan yang harus dilakukan untuk memperbaiki kesalahan tersebut ? terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kesalahan input nup saat penghapusan itu tinggal di batalkan saja, lalu input kembali nup yang benar.
      sedangkan kesalahan input harga perolehan, ini yang sulit, menurut saya hal ini baru dapat diperbaiki jika menjadi temuan BPK atau unit inspektorat di K/L Saudara.

      Delete
  3. salam kenal semuanya..satker kami rencananya akan mengajukan usulan penghapusan diantara barang tersebut ada motor, untuk menentukan harga limit penjualannya gimana ? trim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapat ditentukan oleh Kuasa Pengguna Sendiri berdasarkan hasil penilaian oleh Tim Penghapusan Satker. Namun dapat juga mengajukan usul penilaian terhadap BMN yang akan dihapus tersebut ke KPKNL setempat.

      Delete
  4. salam kenal. saya rinto petugas bmn Madrasah di papua.
    telah telag menginput sumur gali sebgi aset yang perolehannya dengan 53. setelah saya input ternyata diketahui sebagai kelompok jaringan dan dianggap tidak benar.
    pertanyaannya;
    1. yang seharusnya saya lakukan apa?
    2. teknik pembenarannya pencatatan seperti apa?
    terimaskasih

    ReplyDelete
  5. Memang seharusnya sumur tersebut menggunakan kode penggolongan jalan, irigasi dan jaringan yang diawali dengan kode barang 5, bukan 3 yang merupakan golongan peralatan. Untuk itu lakukan perekaman :
    1. Reklasifikasi Keluar –> untuk mengeluarkan BMN yang salah rekam tersebut
    2. Reklasifikasi Masuk —> untuk merekam nama BMN yang benar

    Kodefikasi BMN sumur yang merupakan golongan 5 ini ada bermacam2, silahkan dipilih yang paling tepat menurut kondisi yang ada.

    ReplyDelete
  6. Nanya mas..
    1. Untuk pembelian brang dengan akun sp2d 523121 berupa Ac dan kipas angin itu input ke simaknya gmna y?
    2. Cara input barang semster 1 thun 2013 ke simak gmna cranya y, kan belum pake adk2an?
    Mksi

    ReplyDelete
  7. 1. Pembelian tersebut salah penggunaan akun 52nya, harusnya menggunakan 53, coba konsultasikan dengan KPPN cara merevisi akun tersebut.
    2. Apakah yang dimaksud perolehannya tahun 2013 tapi belum direkam di SIMAK? Jika hal ini yang dimaksud maka karena saat ini sudah tahun 2014, maka diinput melalui menu : Transaksi BMN – Saldo Awal BMN

    ReplyDelete
  8. mao tanya mas, untuk koreksi perubahan kondisi BMN tidak bisa di input tanpa no. dasar koreksi, nah itu no dasar koreksi itu apa ya mas? apa harus dibuat surat pernyataan? bisa minta contoh untuk no dsar koreksi

    ReplyDelete
  9. Agar dibuat Surat Keterangan yang ditandatangani Kuasa Pengguna Barang, yang berisi penjelasan mengenai rincian BMN yang akan dilakukan perubahan kondisinya, misal dari baik ke rusak ringan/berat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kirimkan email softcopy contoh suratnya.. ke mugie.daffa2@gmail.com

      Delete
    2. iya mas boleh minta contoh suratnya, liasince2010@gmail.com
      mohon bantuannya, terima kasih

      Delete
    3. mas sy bisa binta minta contoh suratnya gak?
      reinhard.bnn@gmail.com
      makasih

      Delete
    4. boleh minta jg contoh suratnya ke bnnkotakendari@ymail.com, trima ksh

      Delete
    5. Ijin mas sy boleh minta contoh surat dasar koreksinya jg gak..? ke edyguevara80@gmail.com, makasih

      Delete
    6. Mas, saya bisa minta contoh surat dasar koreksi barang rusak berat? ke novairaini@gmail.com
      atas bantuan saya ucapkan terima kasih

      Delete
    7. mas minta juga contoh suratnya ke email uchiharyoga89@gmail.com

      Delete
    8. izin mas boleh bagi contohnya juga? email : wirapriharto30@gmail.com

      Delete
    9. Mas, mohon share kan format Surat Keterangannya ke email berikut : fransiskanababan01@gmail.com
      Karna kendaraan pada satker kami banyak yang harus diubah kondisinya

      Delete
    10. Mas, mohon share kan format Surat Keterangannya ke email berikut ; alex_lpkotabumi@yahoo.com

      Delete
    11. Mas, mohon share kan contoh surat dasar koreksi untuk mobil ke email : Abdulmudzil01@gmail.com

      Delete
    12. Malem mas,,,, mohon ijin minta format contoh surat dasar koreksi ke email ajimardianto2112@gmail.com

      Delete
    13. mas mohon sharebkan contoh surat dasar koreksi BMN ke antrel7@gmail.com Terimakasih

      Delete
    14. slamat pagi mas...
      mohon di email juga ke saya yaa mas dengan format surat keterangan perubahan kondisi BMN sebagai dasar untuk di input di SIMAK BMN..
      jaldiherianto@gmail.com

      terimakasih

      Delete
    15. siang mas, mohon sharekan contoh surat dasar koreksi BMN ke cholqi.f@gmail.com Terimakasih

      Delete
    16. siang mas, mohon share contoh surat dasar koreksi perubahan kondisi BMN ke adennis.resti@gmail.com Terimakasih sebelumnya

      Delete
    17. siang pak, mohon share contoh surat dasar koreksi BMN ke hanz.fatrur@gmail.com, terima kasih

      Delete
    18. mas saya juga minta di email.icadtjan@gmail.com

      Delete
    19. malam mas, boleh saya juga minta contoh surat keterangah perubahan kondisi BMN nya? ke stich060@gmail.com mohon bantuannya, terim kasih

      Delete
    20. saya juga mas minta contoh keterangan nya :)
      e-mail : ferdinanlumingas@gmail.com

      Delete
    21. boleh saya juga minta contoh surat keterangah perubahan kondisi BMN nya? ke emkhan3@gmail.com mohon bantuannya, terim kasih

      Delete
    22. boleh saya minta contoh surat keterangan perubahan kondisi BMN nya pak/bu... Email nya fahmiriza1995@gmail.com
      mau merubah kondisi BMN sesuai hasil revaluasi

      Delete
    23. Mohon izin Pak, boleh minta tolong dikirimkan contoh surat keterangan perubahan kondisi BMNnya, Email: mahabahsani2407@gmail.com
      Terima Kasih Pak

      Delete
    24. Ijin Minta Format Surat Keterangannya perubahan kondisinya PAK
      ekonew78@gmail.com

      Delete
    25. ijin minta format surat keterangan perubahan kondisi seperti diatas pak, email : man.sumpur@yahoo.com

      Delete
    26. mohon bantuannya kak. saya juga perlu bentuk formatnya karena masih kendala pada perubahan kondisi barang. email : meilinamaspekeh@gmail.com terima kasih.

      Delete
    27. Ijin dikirimkan format surat keterangan perubahan kondisinya kak email : pemaintenan@gmail.com
      Terima kasih.

      Delete
    28. Ijin dikirimkan format surat keterangan perubahan kondisinya kak email: sya_fahmi@yahoo.co.id/syafukhmie@gmail.com
      Terima kasih

      Delete
    29. Ijin dikirimkan format surat keterangan perubahan kondisinya email : yusvifildzah@gmail.com
      Terima kasih.

      Delete
    30. mohon izin share juga pak, format surat keterangan perubahan status kondisi nya ke heri.yosenov@gmail.com

      terimakasih

      Delete
    31. ijin minta format surat keterangan perubahan kondisi seperti diatas pak, email : adeprihatmoko@gmail.com

      Delete
  10. mohon bantuannya jika kode satker berubah pd aplikasi simak, cara dan langkah2 nya..

    sebelum dan setelahnya saya ucapkan banyak terima kasih

    Theo (LAPAS Anak Kutoarjo)
    LPAKTA@gmail.com; lpakutoarjo@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Mat malam pak sy mau tanya masalah penerimaan barang hibah.utk proses penginputan ke simakbmn apakah nunggu registrasi dr DJPU baru di input atau langsung di input sambil nunggu proses registrasi djpu. Mohon penjelasannya pak skian trim

    ReplyDelete
  12. pagi mas, mau nanya di aplikasi BMN satker kami salah satu barang dalam kondisi rusak berat berupa tanah, sy mau merubah di menu perubahan kondisi BMN tapi disitu masih dalam kondisi baik, solusi-nya supaya tanah tidak muncul lgi dalam laporan barang dengan kondisi rusak berat bagaimana mas? terima kasih

    ReplyDelete
  13. Selamat malam Pa. Mohon arahan dan bimbingan,
    Saya petugas baru dan langsung ada pemeriksaan.
    Mohon bantuan untuk memberi tanggapan dari temuan tersebut, agar kata2 nya tidak salah.
    Temuan saya seperti ini Pa...
    1. ATR yang belum diserah terimakan.
    2. ATB yang belum dikapitalisasi terhadap aset fisik yang sudah selesai dikerjakan.

    Mohon bantuan nya Pa,
    Terimakasih banyak.

    ReplyDelete
  14. Di tempat kami bekerja dibuat satker baru dalam kaitannya dengan pengelolaan keuangan dan BMN. Ada 4 satker baru dengan masing2 DIPA baru. Jadi total 5 satker. Sedangkan operator BMN hanya saya sendiri harus mengelola 5 satker karena ketiadaan pegawai yang sanggup karena sedikitnya pegawai kantor. Yang ingin saya tanyakan bagaimana nantinya saat rekonsiliasi,apakah saya harus bawa 5 laptop dengan masing2 laptop ada 5 aplikasi simak,atau cukup 1 laptop untuk 5 satker dengan 1 aplikasi (bagaimana cara instalnya).

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu laptop aja hanya user satkernya yang dibuat 4

      Delete
  15. Di tempat kami bekerja dibuat satker baru dalam kaitannya dengan pengelolaan keuangan dan BMN. Ada 4 satker baru dengan masing2 DIPA baru. Jadi total 5 satker. Sedangkan operator BMN hanya saya sendiri harus mengelola 5 satker karena ketiadaan pegawai yang sanggup karena sedikitnya pegawai kantor. Yang ingin saya tanyakan bagaimana nantinya saat rekonsiliasi,apakah saya harus bawa 5 laptop dengan masing2 laptop ada 5 aplikasi simak,atau cukup 1 laptop untuk 5 satker dengan 1 aplikasi (bagaimana cara instalnya).

    ReplyDelete
  16. saya juga punya 4 dipa. cukup 1 laptop dan1 aplikasi saja. cuma user nya aj yang beda. dibuat masing-masing dipa.

    ReplyDelete
  17. Assalam.., Satker kami memiliki belanja mobilier kursi siswa dan lemari. kemudian di bulan berikutnya ada lagi SP2D Honor panitia Barjas. Bagaiman cara penginputan di SIMAK, utamanya honor tadi? apa anggaranya aku gabungkan aja dengan barang?

    ReplyDelete
  18. Asalamualaikum.... Pak pada bulan ini satker kami melakukan pengadaan website, kendala sy saat mau menginput ke Simak_BMN tidak dapat menemukan kode aset website, mohon bantuannya website ini kira2 diberi status apa ya pak?terima kasih

    ReplyDelete
  19. Salam...says operator Simak, kendala says ketika sy ingin membuka aplikasi tidal DPT terkoneksi dg database Dan muncul pesan spt connectivity error:(MySQL)(ODBC 3.51 Driver)Unknown MySQL server host '"LOCALHOST"' (0), ....mohon solusinya Dan trims bantuannya

    ReplyDelete
  20. Assalamu'alaikum
    Saya MAKSUSI, operator SIMAK BMN pada Satker MTsN 2 Banjarnegara, mohon pencerahan terkait kekeliruan input data pembangunan pagar permanen yang seharusnya masuk pada KIB Bangunan tapi masuk pada DIL pada tahun perolehan 2009, bagaimana cara merubahnya,
    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  21. Assalamu'alaikum... saya mau tanya mas,,, di satker saya ada pembangunan paga pada sebuah KUA menggunakan KDP,, apakah pagar tsb bukan merupakan satu kesatuan dengan bangunan KUA nya ?.... walaupun pembangunannya beda kontrak mas....

    ReplyDelete
  22. salam kenal, saya br menjadi operator bmn utk tk eselon 1 di kementerian, adakah panduan cara penginputan bmn bagi pemula seperti saya?? dan kelengkapan berkas utk penginputannya, mohon informasinya, thx-harris (cyrie_ez@yahoo
    com)

    ReplyDelete
  23. Asslamu Alaikum, Selamat Sore Pak Salam Kenal, Sya Iqbal dari Makassar, Mau nanya soal menetukan harga Tafsiran BMN seperti menara Tower (pemancar Radio) itu bagaimana? apa ada ketentuan untuk menentukan harga taksiranx?, dan akun untuk mencatat disimak itu masuk jenis gedung dan bangunan atau masuk perlatan mesin? mohon pencerahaanya..

    ReplyDelete
  24. assalamualaikum, salam kenal pak. saya mau tanya bila kita dapat adk transfer masuk untuk periode sm 1 tp adk sampai di sm 2 bagaimana yah pak? akankah itu mengganggu laporan sm 1 sy bl saya input pak

    ReplyDelete
  25. assalamualaikum, salam kenal pak. saya mau tanya bila kita dapat adk transfer masuk untuk periode sm 1 tp adk sampai di sm 2 bagaimana yah pak? akankah itu mengganggu laporan sm 1 sy bl saya input pak

    ReplyDelete
  26. salam kenal mas. saya mau tanya. di dipa satker kami ada belanja modal tanah dengan akun 531111 tetapi fisiknya itu berupa pagar, terus saya masukan ke bmn nya berupa tanah apakah itu nantinya bermasalah? kemudian saya input dengan KDP di neraca bmn nilainya udah masuk ke tanah tetapi setelah saya kirim ke SAIBA itu ko di neracanya masih KDP ya belum masuk ke tanah nilainya. mungkin bisa bantu... terima kasih..

    ReplyDelete
  27. salam kenal, saya br menjadi operator bmn ,adakah panduan cara penginputan bmn bagi pemula seperti saya?? dan kelengkapan berkas utk penginputannya, mohon informasinya. lbert_frank@yahoo.com terima kasih..

    ReplyDelete
  28. Salam. Saya ingin menginput transaksi transfer keluar KDP, namun muncul informasi bahwa transaksi tidak bisa disimpan karena periode tanggal buku ini sudah dilakukan penyusutan.... Padahal saya sudah melakukan batal susut untuk semester I dan II.. Adakah solusinya?

    ReplyDelete
  29. Assalamu'alaykum. Sy Op Simak BMN Kejaksaan Negeri Takengon. Mau tanya :
    1. Untuk Hibah dr pemda berupa renovasi gedung rumah dinas tepatnya di entri pada menu apa ya?
    2. Hibah berupa PEMASANGAN PAVING BLOK pada lahan parkir di Komplek Rumah Dinas, sudah saya cari di daftar barang tidak ada penamaan untuk pemasangan paving blok. Jk dimasukkan ke barang JALAN .... maka muncul KIB baru untuk tanah jalan. mohon bantuan dan saran.
    3. Mengubah Kondisi Asset pd Aplikasi SIMAK BMN apakah ada syarat/ketentuannya?

    ReplyDelete
  30. SELAMAT MALAM SAYA OPERATOR SIMAK BMN BATALYON KAVALERI-10/SERBU MAKASSAR MAU MENANYAKAN:
    1.BAGAIMANA MERUBAH HARGA DIKARENKAN SALAH DALAM PENGINPUTAN
    2.JELASKAN PROSES KAPITALISASI YANG BENAR
    TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  31. persyaratan untuk merubah nilai kondisi barang

    ReplyDelete
  32. Pak mau tanya pada tahun 2013, 2014 dan 2015 satker kami ada pembelian tanah urugan (53)ada 4, dan di input di pembelian BMN sehingga di laporan kuasa pengguna muncul jml 4 unit (menambah kumulatif nilai tanah). mengingat tanah tersebut berupa tanah urugan untuk pematang/jln di tambak. Padahal tanah urugan tersebut tidak muncul sertifikat.SERTIFIKAT YG BERUPA 2 PETAKAN TAMBAK BESAR PD TAHUN 2013 - 2015 DI PECAH MENJADI PETAKAN KECIL DAN DI TAMBAHI JALAN/PEMATANG DENGAN PENGADAAN TANAH URUGAN.Jadi bagaimana cara satker kami memperbaiki data tersebut ?.

    ReplyDelete
  33. Assalamu'alaikum,, Pagi mas, mau tnya, ini mau input barang ke Hibah, terus serah terima barangnya tahun 2015, sedangkan Berita Serah Terima Barangnya tahun 2016, gmn ya kalo begitu?, mohon pencerahannya ya mas

    ReplyDelete
  34. assalamu'alaikum..pagi pak..maaf mau tanya..
    1. Saya mau restore aplikasi simak bmn tapi eror muncul tulisan error 'TDHDKTP' is not found, itu kenapa ya pa..?
    2. Saya sudah melakukan pengiriman data dari persediaan ke simak lalu ke saiba.namun nilai persediaan di saiba tidak sama dengan simak dan persediaan..itu kenapa ya pa..?saya lihat rincian jurnal pengiriman dari persediaan ke simak sama dari simak ke saiba juga tidak sama..

    ReplyDelete
  35. Selamat Pagi, saya mau bertanya bagaimana Merubah Nama Uraian BMN dari Asrama/Mess Menjadi Rumah Negara Golongan II Pada Aplikasi SIMAK BMN sesuai dengan PMK. Terima Kasih

    ReplyDelete
  36. Ass..
    Mas giman caranya mengubah status gedung bangunan dari semi permanen menjadi permanen..sepertinya terjadi kesalahan input operator yg dulu..sekarang kami mau mengganti dan mengoreksinya..

    ReplyDelete
  37. Assalamualaikum wr.wb
    Mas aplikasi simak saya kalau mau print KIB Gedung bangunan tidak mau muncul hasil nya..
    Mohon percerahanya mas..
    trim's byk sebelumnya

    ReplyDelete
  38. upload backup SIMAk ke KOMDANAS error " file tidak terbaca"

    ReplyDelete
  39. Asslammu"alaikum wr.wb....selamat siang mas, saya mau tanya kalau ada kesalahan memasukkan nama barang dan terjadi tahuna yang lalu (2015)dan sudah dilaporkan , apa bisa dirubah, atau tolong bagaimana solusinya, terima kasih banyak

    ReplyDelete
  40. Assalamualaikum mas eko, kalau ada honor panitia pengadaan barang mesin yang diinput di menu pembelian tahun 2015 dan akan dikoreksi pada tahun 2016, bagaimana solusinya mas? di iput melalui menu apa?

    ReplyDelete
  41. Mau tanya mas hasil tim audit BPk dan Pivot penyusutan peralatan dan mesin 131,199,664 sedangkan si simak 133,021,022 terus bagaimana cara merubah di simaknya.karena kalau rekon ke kanwil harus sama dengan hasil pivot.terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  42. cara merubah kondisi barang bagai mana?

    ReplyDelete
  43. Salam... saya operator SIMAK-BMN yang baru di SK kan tapi saya msh bingung instal aplikasinya karena saat selesai semua diinstal... selalu error mohon bantuannya gimana cara instalnya yang benar dan di mana bisa dapat masternya dari launcher sampai update terakhir, udah download sana sini tapi selalu gagal

    ReplyDelete
  44. Di satker kami ada satu rumah negara yg salah pada luas bangunan, harusnya 70m2 tp di simak nya terinput 500m2... itu gimana cara benerinnya?

    ReplyDelete
  45. BAGAIMANA CARA MENAMBAH BARANG BARU DI APLIKASI SIMAK ?

    ReplyDelete
  46. di satker kami ada aset tanah tapi tidaka ada dokumen bukti kepemilikan nya, apakah tindakan saya sbg petugas simak bmn

    ReplyDelete
  47. bapak yang terhormat, untuk menginput data aset berupa tanah dan bangunan data/dokumen apa saja yang harus disiapkan, bagaimana jika dokumen kepemilikannya tidak ada

    ReplyDelete
  48. 1. di satker kami ada pembelian karpet menggunakan akun belanja barang (52). setelah diaudit, katax harus di rekam di aplikasi simak bmn krn memenuhi syarat kapitalisasi. pertanyaan kami : bagaimana cara merekamx di simak bmn..? tambahan informasi bahwa barang tersebut dibeli pada tahun sebelumx.
    2. apakah bmn yang diusulkan dari KPB ke PB harus diPSPkan dulu, baru bisa diusulkan penghapusanx..?
    3. Tks

    ReplyDelete
  49. Assalamu'alaikum...
    pak mohon bantuannya, di satker kami ada kesalahan input nama aset pada tahun yang lalu, namun aset tersebut terjadi penyusutan, bagaiman cara merubahnya ya pak. terims

    ReplyDelete
  50. Assalamualaikum, maaf Pak Mengganggu saya admin baru 2016 di BMN. mohon bantuannya, saya menginfut bangunan baru di Transaksi BMN melalui Perolehan BMN terus penyelesaian bangunan langsung setelah itu saya susutkan dan terus kirim ke UAKPA seteah di cek di SAIBA masih muncul belum diregister gedung bangunan,bagai mana cara membetulkan yang belum diregister ? terima kasih

    ReplyDelete
  51. ASSALAMUALAIKUM ... JIKA MEBELI BARANG DAN MENDAPATKAN BONUS ATAU FREE OF CHARGE ..BAGAIMANA CARA MEMASUKANNYA DAN BAGAIMANA PENILAIANNYA. TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  52. pak saya OPerator SImak BMN Pn sibolga, bagaimana cara mengubah kondisi BMN di SIMAK BMN

    ReplyDelete
  53. assalamualaikumm,,,pak bagaimana cara menginput di BMN yang jenis SPM nya pembayaran: (1) Non Gaji Kontraktual, (2) pembayaran 100% pekerjaan rehabilitasi RKB, (3) pembayaran uang muka 30% pekerjaan rehab RKB dan (4) pembayaran 100% pekerjaan perencanaan tehnis rehab gedung RKB.

    ReplyDelete
  54. Assalamu Alaikum..
    Salam Simakers...Sya input Transaksi pembelian BMN,,pada buku daftar SPM terkait BMN sudah tidak ada selisih tpi dikirim ke Saiba Muncul Peralatan dan Mesin "Belum Diregister", Padahal Sudah tidak ada selisih....Mohon Bantuannya Pak....

    ReplyDelete
  55. Kami ingin beli barang barang komputer dan sejenisnya lewat toko online. Tapi barang tersebut tidak bisa masuk ke simak bmn dengan Alasannya dokumen kurang. Toko Online tidak mau menerbitkan dokumen yang diperlukan. Sementara kalau dengan pihak ketiga, akan menambah biaya sampai 40 persen. Bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
  56. Bagaimana cara input Perencanaan Pembuatan Speed Menyelam. Terimakasih

    ReplyDelete
  57. MAU NANYA KAMI ADA PEMBAGUNAN RKB BARU YANG DILAKUKAN SECARA BERTERMIN DAN DI DALAMNYA JUGA ADA PENGADAN MOBILERNYA DAN JUGA BIAYA PERENCANAANYA , BAGAI MANA PROSES PENGIMPUTANNYA PADA SIMAK BMN , MOHON SOLUSI DONG

    ReplyDelete
  58. Selamat siang Pak bagaimana caranya membuat surat untuk koreksi BMN yng baik menjadi Rusak berat trim

    ReplyDelete
  59. selamat siang pak...bagaimana merubah data yang tercatat dalam KIB padahal seharusnya hanya di DBR saja

    ReplyDelete
  60. selamat siang....bagaimana solusi bila ADK Transfer Keluar tidak sama dengan UAKPB tujuan.

    ReplyDelete
  61. Selamat Siang, mau tanya. Ini sy dapat transferan barang dari satker pusat. Mereka menginput dengan menu transfer keluar dan sy pun menginput dengan menu transfer masuk. Permasalahan yang kemudian muncul yaitu pada daftar barang ruangan barang tersebut tidak tercatat dalam DBR. bagaimana menginput nya dalam DBR?

    ReplyDelete
  62. Admin,,,
    Saya mw bertanya nih,,
    Satker kami dapat pengadaan bangunan 180jt akun 533111, jadi oleh PPK di bagi 2, setengah untuk pengadaan bangunan, stengah lg pengadaan meubelair,, pada saat diinput di simak, masih oke, ketika dikirim ke saiba, nah dsini permasalahanya, ada peralatan dan mesin yg belum diregister sejumlah dana meubelair, dan gedung bangunan belum dregister sjumlah harga meubelair itu juga,

    Jadi gimana mengatasi ini pak? Supaya neraca tdk ada kata2 belum diregister

    ReplyDelete
  63. Admin,,,
    Saya mw bertanya nih,,
    Satker kami dapat pengadaan bangunan 180jt akun 533111, jadi oleh PPK di bagi 2, setengah untuk pengadaan bangunan, stengah lg pengadaan meubelair,, pada saat diinput di simak, masih oke, ketika dikirim ke saiba, nah dsini permasalahanya, ada peralatan dan mesin yg belum diregister sejumlah dana meubelair, dan gedung bangunan belum dregister sjumlah harga meubelair itu juga,

    Jadi gimana mengatasi ini pak? Supaya neraca tdk ada kata2 belum diregister

    ReplyDelete
  64. Selamat Sore Bpk, Sy Fitri dari Baturaja.
    Saya Operator Baru SIMAK di Instansi tepat saya bekerja, Instansi kami sedang persiapan terkait Revaluasi BMN, kmrn saya mencoba update KIB dan tidak sengaja terhapus mohon arahannya pak terkait yang harus saya lakukan karena telah saya cb buat KIB nya kembali tetapi harga perolehannya tidak sama.

    Trims, salam super.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf apakah bmn nya belum di backup terlebih dahulu

      Delete
  65. assalamualaikum wr.wb,,saya mau tanya sebagai petugas BMN untuk melakukan tugas yg salah satunya input ke SIMAK apa harus punya sprint dari kepala satker atau cukup dengan SK??

    ReplyDelete
  66. Mohon arahan dan solusi nya apabila nilai penyusutan aset tetap yg tdk digunakan dlm operasi pemerintahan lebih besar dari aset tetap yg tdk digunakan dlm operasi pemerintahan...makasih

    ReplyDelete
  67. Mohon bantuannya agan...
    Disatker saya ada pencatatan salah satu gedung dan bangunan pada SIMAK BMN tpi setelah sy cek Daftar KIB pada simak ternyata tidak ada. Padahal pada aplikasi siman ada.

    ReplyDelete
  68. saya ingin bertanya

    1. tahun 2017 ada pembelian 30 buah headset. tetapi waktu penginputan salah. menjadi 1 buah headset. bagaimana cara memperbaikinya, dikarenakan sudah pindah tahun periode 2018 ?

    2. Kegunaan reklas keluar dan koreksi pencatatan apa saja. dan contohnya bagaimana ?

    terima kasih

    ReplyDelete
  69. assalamu alaikum,ijin mas.mau tanya,ada gak contoh surat keterangan yang dibuat dari pimpinan Satker untuk penghapusan barang.krn barang tersebut mau dikeluarkan dari daftar barang ruangan?hanya minta surat bertanda tangan pimpinan.mohon arahannya

    ReplyDelete
  70. Mohon info,
    1. bila ingin merubah/mengisi merk yg ada di DBR bagaimana caranya? Transaksi sudah tahun2 sebelumnya
    2. transaksi sudah di catat ke KIB ingin di rubah ke DBR bisa kah? bagaimana caranya, menjadi barang yang di ruangan?

    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  71. Assalamualaikum.. Mohon bantuan nya untuk merekam perubahan kondisi barang di tahun berikutnya pada di aplikasi SIMAK bagaimana yah?

    ReplyDelete
  72. Mohon info,
    Pak kantor saya mengadakan pengadaan pembangunan pagar dan halaman kantor dengan menggunakan kode akun 533121 Belanja Penambahan Nilai dan Bangunan. Pertanyaanya apakah penginputan data ini menggunakan akun gedung dan bangunan dengan nup yang lama atau dengan nup yang baru?
    Mohon bimbingan dan saya ucapkan terima kasih...

    ReplyDelete
  73. Bagaimana cara memasukan BMN yg belum di distribusikan di aplikasi simak bmn? Dan
    Apakah jika sudah disesuaiakan nilai neraca Bmn akan berubah?

    ReplyDelete
  74. tanya mas,kenapa kalau cetak BMN untuk tahun lalu error?

    ReplyDelete
  75. Pak, Kalau kendaraan yg rusak berat langkah-langkah untuk penghapusannya bagaimana ?

    ReplyDelete
  76. Selamat Siang. .
    kami mempunyai 2 aset yang sama, setelah itu ada pengembangan aset yang seharusnya di NUP 2 tetapi saya tambahkan ke aset NUP 1, bagaimana cara merubah pengembangan aset tersebut?

    ReplyDelete
  77. selamat siang para Bapak/ Ibu, mohon share kan form surat keterangan Perubahan Kondisi Barang ke email saya berikut : fransisknababan01@gmail.com. Terima kasih

    ReplyDelete
  78. Mas, mohon share kan contoh surat dasar koreksi untuk peralatan dan mesin ke email : ridhaarti@gmail.com

    ReplyDelete
  79. Mohon gimana cara untuk kita pisah kan barang diaplikasi simak bmn, barang yang kondisi baik ke kondisi rusak

    ReplyDelete
  80. selamat malam, mau konsultasi pada simak BMN V 18.2 dan SAIBA v 5.2 adk simak untuk kirim UAKPA saat diterima SAIBA tertulis file kosong,padahal di simak kirim dijurnal tertera penambahan aset..dimana kesalahannya mohon petunjuk terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. up..pertanyaan yg sama, mohon pencerahannya pak..

      Delete
  81. Maaf mas bisa minta contoh format surat dasar koreksinya kesalahan pencatatan dong

    ReplyDelete
  82. selamat siang...mau ikutan tanya, terjadi di instansi kami bahwa pemegang aplikasi SIMAK berganti-ganti karena memang tidak ada orang dengan jabatan sebagai pengelola BMN, yang kedua terkadang petugas menginput berdasarkan berkas tidak melihat langsung pekerjaannya, hal ini menyebabkan kesalahan pencatatan yang seharusnya menambah nilai atas aset yang sudah ada malah dicatat sebagai aset baru dengan menggunakan NUP baru sehingga pencatatan aset gedung dan bangunan melebihi gedung dan bangunan yang ada dan hal ini menjadi temuan BPK. apakah bisa diperbaiki pencatatannya dari NUP yang lama menjadi dirubah ke dalam NUP NUP yang seharusnya? mohon pencerahannya, terima kasih.

    ReplyDelete
  83. Selamat siang mas...
    Mas ... mohon arahannya... waktu input pertama kali saya ga tau kode barang yg saya input ada rinciannya... setelah di teliti sekarang... ternyata terjadi kesalahan pada kode barang ...
    Mohon arahannya mas... gimana caranya untuk merubah kode barang tadi... makasih mas saya tunggu arahannya... sekalian minta format suratnya dan format untuk kondisi barang mas...
    makasih mas... email :irna12afrizal@gmail.com

    ReplyDelete
  84. Salam kenal. Mas saya mau tanya kalau mau beli BMN syaratnya harus ikut lelang atau bisa langsung penunjukan. Mohon pencerahannya. Terimakasih

    ReplyDelete
  85. Salam kenal. Mas saya mau tanya kalau mau beli BMN syaratnya harus ikut lelang atau bisa langsung penunjukan. Mohon pencerahannya. Terimakasih

    ReplyDelete
  86. salam kenal.. saya operator simak baru dan pertama kali menghadapi tranfer keluar. saya mau bertanya, bagaimana cara membatalkan tranfer keluar di simak saya. krn saya sudah terlkanjur mengeluarkannya ternyata proses ttranfer tidak jadi dilakukan krn sebab lain..

    ReplyDelete
  87. salam kenal....
    saya mau tanya, pada semester 1 ada belanja modal (53) yang telah diinput terus pada bulan september Belanja Modal (53) itu dikoreksi menjadi Belanja Barang (521811). apa yang kami harus lakukan pada Aplikasi SIMAK BMN. Mohon Petunjuknya...

    ReplyDelete
  88. selamat siang,
    saya mau tanya perihal aplikasi persediaan, saya mau input reklasifikasi masuk dan keluar masih belum paham bisakah diberitahu

    ReplyDelete
  89. Siang mas mau tanya kalo "alat kalibrasi arah kiblat" di simak input pke kode apa ya?

    ReplyDelete
  90. IJIN MINTA FORMAT SURAT KETERANGAN PEUBAHAN KONDISI PAK
    ekonew78@gmail.com
    Terima Kasih.....

    ReplyDelete
  91. salam kenal mas saya mau nanya apakah pembelian rumah dinas, dengan cara beli rumah jadi, akunnay harus dipecah dua menjadi 533111 dan 531111 atau hanya satu akun di 533111...dan bgmn cara input di simak bmn

    ReplyDelete
  92. salam kenal mas, saya mau nanya seperti apakah metode panitia penjualan atau penghapusan dalam melakukan analisa penghapusan tanpa penjualan untuk bangunan dimana bangunan tsb sudah tidak ada karena adanya anggaran utk membangunan bangunan lain di lokasi bangunan awal?

    ReplyDelete
  93. selamat sore,bagaimana cara memperbaiki jenis barang yang sudah dibeli tahun lalu (2018) ? contoh kasus yang tercatat di smester 2 2018 laptop namun barangnya PC Unit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reklas Keluar Laptop dan Reklas Masuk P.C unit

      Delete
  94. Adakah disini yang bisa menjadi mentor untuk belajar aplikasi SIMAK BMN?
    Karena saya sedang belajar dan untuk memperbaiki posisi saya di kantor apabila saya sudah menguasai aplikasi SIMAK.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  95. halo kak saya mau tanya , waktu kantor kami pengadaan laptop 2 buah namun 1 SPPD nah pas di imput di aplikasi SIMAK BMN di taru 1 ajh kemudian nilainya itu gabungan laptop tsb. nah gimana caranya aku ganti data di SIMAK BMN . Terima Kasih Mohon Balasannya

    ReplyDelete
  96. Menu penghapusan pada aplikasi simak BMN tidak bisa berfungsi... Versi 19.21 ke atas

    ReplyDelete
  97. selamat sore,,mau tanya kl mau nambah nama barang yang baru di aplikasi simak bgmna yah?

    contoh : saya beli kulkas,,tapi di simak tidak ada nama barang kulkas,,itu mau nambah nama barangnya gmna yah??
    trimakasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon solusi, terjadi error untuk penginputan penghapusan bmn
      trims...

      Delete
  98. Halo Admin, sy Operator BMN ingin bertanya "KIB Tanah pada menu transaksi muncul sebanyak 13 KIB tapi pada menu Daftar hanya muncul 3 KIB tanah. Bagaimana solusinya agar keseluruhan KIB itu bisa muncul di Menu Daftar dan bisa dicetak" terimakasih

    ReplyDelete
  99. Selamat siang admin mohon bantuan :
    1. Surat Keterangan yang ditandatangani Kuasa Pengguna Barang,
    yang berisi penjelasan mengenai rincian BMN yang akan
    dilakukan perubahan kondisi barang,contol dari baik ke rusak
    ringan/berat
    2. Contoh surat keterangan reklas masuk dan reklas keluar
    Mohon dapat dikirim ke peymovich@gmail.com

    ReplyDelete
  100. Halo admin, saya operator BMN baru mohon petunjuk dan bimbingannya..di satker kami ada barang-barang yang telah berpindah-pindah ruangan..saya mau memperbarui DBR nya..bagaimanakah langkah-langkah yang bisa saya lakukan?selain itu bagaimana cara untuk menghapus nama suatu ruangan, berhubung ruang tersebut sudah tidak ada lagi karena penggabungan ruangan? Terimakasih masukannya

    ReplyDelete
  101. Halo admin, mohon bimbingannya..satker kami memiliki barang yang belum terdistribusi di daftar BMN nya..bagaimana cara memindahkan barang tersebut ke ruangan yang dituju..mohn masukannya di kirim ke heri.yosenov@gmail.com

    terimakasih atas masukannya

    ReplyDelete
  102. Selamat Siang Mas.... mau tanya ne saya punya belanja modal TA.2020 yang pekerjaan fisikx sudah dikerjakan 100% oleh penyedia tapi terkendala pembayaran dikarenakan semua anggaran belanja modal dalam DIPA sudah ditarik kembali karena Covid19,,,,pada bulan agustus kami meminta kembali anggaran tersebut dan hasilx anggaran tersebut sudah ada kembali di di DIPA bulan Agustus dan sudah melakukan pembayaran ke pihak ke 3 (konsultan Perencana, Kontraktor dan Konsultan Pengawas). Untuk pengisian ke aplikasi Simakx gmn mas...pembayaran sekaligus 100% tanpa termyn....terimaksih

    ReplyDelete
  103. Malam mas..mohon solusi saya ada barang pengadaan ditahun 2018 yang belum saya masukkan ke dalam aplikasi..barang tersebut baru saya masukkan pada tahun 2020 melalui saldo awal..namun saya diminta membuat berita acaranya…mohon jika ada contoh berita acara tentang pembuatan saldo awal agar dikirimkan ke email aqilahandafifah@gmail.com terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  104. selamat siang,,bagaimana cara menambah nama barang yg baru ke aplikasi simak.terimaksaih

    ReplyDelete
  105. Mohon penjelasannya, bagaimana cara memindahkan Barang Belum Terdistribusi KIB (Kartu Identitas Barang) untuk dimasukkan ke DBR atau DBL?

    ReplyDelete
  106. Selamat Pagi, Izin bertanya mengenai pencetakan label di aplikasi SIMAK BMN Versi 21.2.0 tidak bisa dicetak saat memilih mencetak menggunakan QR CODE. Saat diproses cetak datanya tidak keluar. Padahal logo sudah disetup , menggunakan NUP dan kode barang sudah tetapi masih tidak bisa cetak. Mohon solusinya. Terimakasih

    ReplyDelete